MARKSHARE Training
021.57932035 ; 0858 9026 0140
Hadiri & Ikuti
2 Days Training Program
ELECTRONIC FILING IMPLEMENTATION WITH RMS & EFS METHOD BASED ON DOCUMENT REGULATION
Menara Peninsula Hotel, 8 – 9 Oktober 2014
A. BACKGROUND Arsip merupakan rekaman informasi penting yang umumnya digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan kegiatan dalam suatu organisasi. Dengan memanfaatkan arsip seoptimal mungkin dapat dicapai tujuan manajemen modern yaitu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat serta pengawasan yang ketat. Ketika pemberkasan arsip sudah makin bertambah, jika tidak dikelola dengan baik, maka pertumbuhan arsip sudah tidak bisa lagi dikendalikan. Mengingat pentingnya arsip dalam suatu organisasi maka kegiatan penataan arsip harus dilakukan sesuai prinsip dan tujuan dari manajemen kearsipan, yaitu dapat menyediakan arsip dengan cepat, tepat, lengkap dan efisien. Penataan arsip pada dasarnya merupakan suatu teknik atau cara pengaturan dan penyimpanan arsip secara logis dan sistematis. Ada 2 metode sistem yang dapat diterapkan dalam kegiatan penataan arsip yaitu Records Management System (RMS) dan Electronic Filing System (EFS). Records Management System (Sistem Manajemen Kearsipan) disahkan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012. Electronic Filing System (Sistem Penataan File secara elektronik) disahkan dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012. Di dalam sistem ini terdapat penerapan Electronic Imaging System agar organisasi memiliki digital copy yang praktis dan tidak membutuhkan tempat fisik tertentu dan hasilnyapun jauh lebih efektif karena file hasil scan dapat ditelusuri dan ditemukan kembali pada saat diperlukan dengan waktu yang singkat. Apabila ke-2 metode penataan arsip diatas dapat diterapkan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan organisasi, maka dapat meningkatkan kinerja pelayanan dan efisiensi tempat penyimpanan arsip dari organisasi tersebut. B. OBJECTIVES Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk : 1. Memahami regulasi kearsipan terakhir yang sudah diberlakukan di Republik Indonesia beserta struktur perundang-undangannya. 2. Memahami pengertian Kearsipan, Arsip dinamis, Arsip aktif, Arsip inaktif, Arsip vital, Arsip static, Unit pengolah, Unit kearsipan, Jadwal Retensi Arsip, Penyusutan arsip, Pemusnahan arsip Penyerahan arsip statis, Pemeliharaan arsip, Penggunaan arsip, Pemberkasan, Retensi arsip berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan. 3. Memahami konsep model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan. 4. Mengetahui contoh SOP Manajemen Kearsipan yang cukup lengkap. 5. Membuat kode klasifikasi dokumen, merumuskan tahapah-tahapan pembentukan jadwal retensi dokumen. 6. Memahami prinsip-prinsip pengelolaan dokumen vital. 7. Memahami konsep model records continuous model (model arsip berkelanjutan) pada sistem manajemen arsip elektronis. 8. Memahami pengertian dari konsep electronic imaging system. 9. Memahami pentingnya electronic imaging system diimplementasikan di semua organisasi. 10. Mampu membuat document digital hasil scanning yang bisa dicopy textnya (dibaca secara content). 11. Mampu menambahkan keterangan dan tanda tangan digital yang diproteksi dengan password pada document digital. 12. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi. 13. Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul Record Management System. C. SYLLABUS 1. Struktur perundang-undangan yang diberlakukan di Republik Indonesia. 2. Pemaparan dari isi Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan penjelasan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang tersebut dalam pengertian secara umum sebagai berikut : 1) Kearsipan, 2) Arsip dinamis, 3) Arsip aktif, 4) Arsip inaktif, 5) Arsip vital, 6) Arsip statis, 7) Unit pengolah, 8) Unit kearsipan, 9) Jadwal Retensi Arsip, 10) Penyusutan arsip, 11) Pemusnahan arsip 12) Penyerahan arsip statis, 13) Pemeliharaan arsip, 14) Penggunaan arsip, 15) Pemberkasan, 16) Retensi arsip 3. Model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan. 4. Contoh SOP Manajemen Kearsipan. 5. Membuat kode klasifikasi dokumen. 6. Merumuskan tahapah-tahapan pembentukan jadwal retensi dokumen. 7. Memahami prinsip-prinsip pengelolaan dokumen vital. 8. Model records continuous model pada sistem manajemen arsip elektronis. 9. Electronic Imaging System. 10. Pentingnya Electronic Imaging System diimplementasikan di semua organisasi. 11. Membuat digital document (OCR Scanning) dalam format .PDF Edited. 12. Menambahkan text pada digital document. 13. Memasukan digital assign yang sudah diproteksi ke dalam digital document . 14. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi. 15. Aplikasi untuk Records Management System dalam EFIDMS software. 16. Aplikasi untuk Electronic Document Management System dalam EFIDMS software. 17. Aplikasi untuk Electronic Imaging System dalam EFIDMS software. 18. Langkah-langkah operasional untuk mengatur Level Security User Access Application. 19. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Control process. 20. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Distribution process. 21. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Update process. 22. Melakukan Proses Document Searching secara cepat (soft and hard) berdasarkan 5 metode. 23. Document Capture Process baik melalui scanner ataupun melalui digital cameras, kemudian di-convert menjadi document microsoft office (XP, 2003, 2007, 2010). 24. Pemilihan dan pengambilan dokumen secara cepat dan tepat untuk dikirimkan via e-mail langsung dari aplikasi EFIDMS software. ) D. AUDIENCE TARGET Staff atau Leader yang bertanggung jawab dalam proses filing document E. TRAINING METHOD : Terangkan – Tunjukkan – Lakukan Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya. |
TRAINING INVEST : Rp. 3.750.000,- / PERSON
Get Efficient For InHouse Training
Untuk Permintaan InHouse Training dalam topik diatas ataupun lainnya,silahkan menghubungi kami :
D.Sari Effendi
markshare training
gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056
P : (021) 5793 2035
F : (021) 5793 1773
M : 0858 9026 0140
E : sari@marksharetraining.co.id;sari@marksharetraining.com
www.marksharetraining.co.id
| ||||||
| Topik Training | Keterangan | ||||
29 - 30 September 2014 | Strategic Business Plan & Budgeting Control | Almost Running | ||||
30 September - 1 Oktober 2014 | Manufacturing Planning & Control :Menyeimbangkan Demand Market & Supply ( Produksi,material,logistic) perusahaan | Almost Running | ||||
1 - 2 Oktober 2014 | Credit Analysis | Almost Running | ||||
6 - 7 Oktober 2014 | Accurate Inventory Planning & Stock Control | Almost Running | ||||
7 - 8 Oktober 2014 | Supervisory Skill | Almost Running | ||||
8 - 9 Oktober 2014 | Implementation E-Filling with RMS & EFS Method | Almost Running | ||||
9 - 10 Oktober 2014 | Finansial Statement Analyst | Confirm Running | ||||
9 - 10 Oktober 2014 | Effective Report Writing Techniques | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Becoming Highly Motivated People | Almost Running | ||||
14 Oktober 2014 | Powerpoint Do More | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Problem Solving And Decision Making | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Advanced Selling Skill For Maximum Profit | Almost Running | ||||
15 - 16 Oktober 2014 | Finance for non Finance Executive | Almost Running | ||||
15 -16 Oktober 2014 | Basic Managing Performance for Manager | Almost Running | ||||
15 Oktober 2104 | BSC Step By Step | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober 2014 | Recruitment & Selection System | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober2014 | Procurement Management | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober 2014 | Coaching & Conseling | Almost running | ||||
16 - 17 Oktober 2014 | Advanced Secretary Development Program | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober 2014 | Training for Trainers | Almost Running | ||||
20 - 21 Oktober 2014 | Effective Public Relation | Almost Running | ||||
21 - 22 Oktober 2014 | Human Resource Management ( HRM ) | Almost Running | ||||
21 - 22 Oktober 2014 | SOP with KPI | Almost Running | ||||
21 - 22 Oktober 2014 | Corporate Journalism | Almost Running | ||||
22 - 23 Oktober 2014 | Cost Reduction in Purchasing | Almost Running | ||||
22 - 23 Oktober 2014 | Executive Corporate law | Almost Running | ||||
23 - 24 Oktober 2014 | New Product Development ( NPD ) | Almost Running | ||||
23 - 24 Oktober 2014 | Best Practice Warehouse Management | Confirm Running | ||||
23 - 24 Oktober 2014 | Marketing Strategy | Almost Running | ||||
23 -2 4 Oktober 2014 | Basic Accounting | Almost Running | ||||
27 - 28 Oktober 2014 | Powerfull Database Analyst & Dashboard Reporting with excel | Almost Running | ||||
28 - 29 Oktober 2014 | Managing Office, 5S & Filing System | Almost Running | ||||
28 - 29 Oktober 2014 | Customer Interaction & Telephon Courtesy | Almost Running | ||||
29 - 30 Oktober 2014 | IT Project Management | Almost Running | ||||
30 - 31 Oktober 2014 | Bandung : Strategic Vendor Management | Almost Running | ||||
30 - 31 Oktober 2014 | Bandung : Workload Analyst | Almost Running | ||||
30 - 31 Oktober 2014 | Bandung : Handling Customer & Difficult People | Almost Running | ||||
4 - 5 November 2014 | Creative & Analytical Thingking | Almost Running | ||||
4 -5 November 2014 | Professional General Affairs | Almost Running | ||||
6 - 7 November 2014 | PDCA(Plan, Do, Check, Action) | Almost running | ||||
6 - 7 November 2014 | Extraordinary Journalism For Corporate Website | Almost Running | ||||
11 - 12 November 2014 | HR For Non HR | Almost Running | ||||
12 - 13 November 2014 | Training for Trainers | Almost Running | ||||
13 - 14 November 2014 | Interpersonality Excellence | Almost Running | ||||
13 - 14 November 2014 | Advanced Secretary Development Program | Almost Running | ||||
17 - 18 November 2014 | Training Need Analyst ( TNA ) | Almost Running | ||||
18 - 19 November 2014 | Industrial Relation | Almost Running | ||||
18 -19 November 2014 | PKWT & Outsourcing | Almost Running | ||||
18 - 19 November 2014 | Tax Planning Management | Almost Running | ||||
19 - 20 November 2014 | Business Plan & Budgeting Cost Control | Almost Running | ||||
19 - 20 November 2014 | Asset Management | Almost Running | ||||
19 - 20 November 2014 | Penyusunan SOP with KPI | Almost Running | ||||
20 - 21 November 2014 | Bandung : Supply Chain Management | Almost Running | ||||
20 - 21 November 2014 | Bali : Fundamental Leadership | Almost Running | ||||
20 - 21 November 2014 | Bali : Negotiation & Lobbying Skill | Almost Running | ||||
25 - 26 November 2014 | Sales & Marketing: Increasing Your Sales Throught Effective Selling | Almost Running | ||||
25 - 26 November 2014 | Professional debt Collection | Almost Running | ||||
25 - 26 November 2014 | Effective Report Writing Techniques | Almost Running | ||||
26 - 27 November 2014 | Cost reduction & Risk Mitigation | Almost Running | ||||
27 - 28 November 2014 | Know Your Customer (KYC ) Principles | Almost Running | ||||
27 - 28 November 2014 | Supervisory Skill | Almost Running | ||||
27 - 28 November 2014 | Surabaya : Negotiation For Purchasing | Almost Running | ||||
2 -3 Desember 2014 | Implementation E-Filing System with RMS/EFS | Almost Running | ||||
2 -3 Desember 2014 | BalancedScoredcard Step by step | Almost Running | ||||
3 - 4 Desember 2014 | Strategic Business Plan & Budgeting | Almost Running | ||||
4 - 5 Desember 2014 | Sales & Marketing : The 7 Selling Step for Sales People | Almost Running | ||||
4 - 5 Desember 2014 | Advanced Selling for maximum Profit | Almost Running | ||||
9 - 10 Desember 2014 | Executive Corporate Law | Almost Running | ||||
9 - 10 Desember 2014 | New Product Development ( NPD ) | Almost Running | ||||
10 - 11 Desember 2014 | Accurate Inventory Planning & Stock Control | Almost Running | ||||
10 - 11 Desember 2014 | Effektif Public Relation | Almost Running | ||||
11-12 Desember 2014 | Bandung ; Strategic Procurement Management | Almost running | ||||
11 - 12 Desember 2014 | Bandung : Handling Complaint & Difficult Customer | Almost Running | ||||
15 - 16 Desember 2014 | Workload Analyst | Almost Running | ||||
16 - 17 Desember 2014 | Managing office, 5S & Filing System | Almost Running | ||||
16 - 17 Desember 2014 | Coaching & Conseling | Almost Running | ||||
16 - 17 Desember 2014 | Customer Interaction & Telephon Courtesy | Almost Running | ||||
17 - 18 Desember 2014 | Surabaya : Corporate Journalism | Almost Running | ||||
17 - 18 Desember 2014 | Surabaya : Finance for non Finance Executive | Almost Running | ||||
18 - 19 Desember 2014 | Powerfull database Analyst and dashboard reporting with excel | Almost Running | ||||
18 - 19 Desember 2014 | Problem Solving and Decision Making | Almost Running | ||||
18 - 19 Desember 2014 | Marketing Strategy | Almost Running | ||||
22 - 23 Desember 2014 | Mastering Excel 2007 / 2010 | Almost Running | ||||
23 - 24 Desember 2014 | Credit Analyst | Almost Running | ||||
23 - 24 Desember 2014 | Negotiation For Purchasing | Almost Running | ||||
29 Desember 2014 | Powerpoint Do More | Almost Running | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar