WRITING ADVANCED PROCEDURES
Business Process-bases Procedures
Hotel Oria Jakarta , 15 Maret 2017
90% Procedures di tempat kerja hanya berisi panduan kerja yang sudah umum--pada akhirnya tidak digunakan, apabila Procedures mengandung metrics (KPI’s Balanced Scorecard, SLA’s, Risk Management dll) maka ia akan menjadi dokumen yang dinamis karena akan digunakan setiap saat. –Ady Subagya
Ada setidaknya dua fakta mencengangkan dari sebuah mini-Survey yang diadakan pada tahun 2008-2010 dengan responden peserta pelatihan Pembuatan/ Penulisan Prosedur. Salah satu hasil survey yang mencengangkan tersebut adalah bahwa 90% penulis Prosedur tidak terlatih! Hal inilah yang membuat Prosedur ditempat kerja menjadi counter-productive dan seringkali hanya berfungsi menjadi dokumen arsip.
SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.
Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauhmana ia digunakan dan memberi nilai tambah b) sejauhmana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.
SOP yang dapat juga disederhanakan sebagai Who does What and How menjadi tidak terarah apabila 1) tidak dikerndalikan 2) tidak dibuat dengan cara yang tepat sesuai kompleksitas bisnis 3) tidak dinamis.
Standard Operating Procedure adalah salah satu metode kerja yang dibuat untuk memastikan proses bisnis berjalan sesuai dengan rencana dan aturan-aturan dan untuk kepuasan pelanggan; baik eksternal maupun internal.Penyusunan SOP yang mudah dibaca dan dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar departemen.
Pelatihan Writing Procedure Advanced Class ini dirancang khusus untuk mereka-mereka yang sudah sering dan sangat sering membuat Prosedur tetapi tidak yakin apakah sudah menggunakan kaidah yang berstandar Internasional.
Pelatihan ini dirancang bagi mereka yang sudah terlibat dalam tim penulisan SOP.
Fasilitas
Peserta mendapat sebuah Workshop kit berisi materi hardcopy, CD berisi kumpulan contoh SOP, jenis SOP, panduan menulis SOP (SOP penulisan SOP),
Agenda
1. Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja
SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000
Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000.
Fasilitator mengulas persamaan SOP dengan Prosedur, Juklak, Juknis dan Protap, juga menggambarkan secara umum bagaimana SOP selama ini dibuat.
2. SOP Lifecycle
Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle.
3. Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis
Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be.
4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif
Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut.
5. Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video
Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian)
Pada sesi ini Fasilitator mendemonstrasikan bagaimana membuat SOP Flowchart muti-user dengan berbagai model sesuai process parameters. Beberapa pictorials dan video SOP juga akan ditunjukkan.
6. Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP
Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll)
7. Menentukan dan memilih tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do
SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda dan untuk pengguna yang berbeda juga—setidaknya Pengguna pemula dan Pengguna ahli, seringkali Pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan Pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. Pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman.
8. Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui
Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis.
9. Merancang SOP untuk mendukung Balanced Scorecard dan Key Performance Indicators.
10. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll
Dengan template yang disediakan oleh fasilitator, peserta diajak berlatih membuat SOP operasional, latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi atau menulis ulang SOP yang ada di perusahaan masing-masing.
Investasi
Rp. 3.000.000,-/Peserta
Rp.2.750.000,-/peserta ( Grup 3 Orang )
NO | TANGGAL | JUDUL TRAINING | Lokasi | Ket |
1 | 1 - 2 Maret 2017 | Problem solving & Decision making | Jakarta | Almost Running |
2 | 2 - 3 Maret 2017 | Effektive Communication & Interpersonal skill | Jakarta | Almost Running |
3 | 7 - 8 Maret 2017 | Kiat Menyusun SOP with KPI | Jakarta | confirm running |
4 | 8 - 9 Maret 2017 | General Affairs Professional with Data processing system | Jakarta | confirm running |
5 | 8 -9 Maret 2017 | Finance for Non Finance Executive | Jakarta | confirm running |
6 | 9 - 10 Maret 2017 | Good Corporate Governance ( GCG ) Implementation | Jakarta | confirm running |
7 | 9 - 10 Maret 2017 | Handling Complaint Difficult People | Jakarta | Almost Running |
8 | 14 - 15 maret 2017 | Project Cost estimation | Jakarta | confirm running |
9 | 15-Mar-17 | Advanced Writing Procedures | Jakarta | confirm running |
10 | 15-Mar-17 | Competitive marketing Strategy | Jakarta | confirm running |
11 | 15 - 16 maret 2017 | Kehumasan & Protokoler | Jakarta | Almost Running |
12 | 15 - 16 maret 2017 | Compliance & Risk Management | Jakarta | Almost Running |
13 | 16 - 17 maret 2017 | New Product Development ( NPD ) | Jakarta | Almost Running |
14 | 16 - 17 maret 2017 | Strategic Procurement management | Jakarta | Almost Running |
15 | 16 - 17 maret 2017 | Human Resources management ( HRM ) Based Performance | Bandung | confirm running |
16 | 16 - 17 maret 2017 | Supply Chain Management for Best Operation | Bandung | Almost Running |
17 | 20 - 21 Maret 2017 | Implementation E-Filing Management System with Ms. Excel 2007 / 2010 | Jakarta | confirm running |
18 | 20 - 21 Maret 2017 | Metode Penyusunan & Spesifikasi Harga Perkiraan Sendiri ( HPS ) | Jakarta | confirm running |
19 | 21 - 22 maret 2017 | Managing office & Filing System | Jakarta | confirm running |
20 | 22-Mar-17 | Customer Service Excellence | Jakarta | confirm running |
21 | 22 - 23 maret 2017 | Train The Trainers Program ( TFT ) | Jakarta | Almost Running |
22 | 22 - 23 maret 2017 | Extraordinary Journalism for Corporate Website | Jakarta | Almost Running |
23 | 22 - 23 Maret 2017 | The Getting paid : Professional Debt Collection | Jakarta | Almost Running |
24 | 22 - 24 Maret 2017 ( 3 hari ) | Integrated ISO 9001 EMS 14001 & OHSAS 18001 | Jakarta | confirm running |
25 | 23 - 24 maret 2017 | Business Plan & Budgeting cost control | Bali | Almost Running |
26 | 23 - 24 maret 2017 | Managing people ( for Supervisory & leadership ) | Bali | Almost Running |
27 | 23 - 24 maret 2017 | Effektif Negotiation & Lobbying skill | Bali | Almost Running |
28 | 23 - 24 maret 2017 | Contract management & tender in procurement | Jakarta | Almost Running |
29 | 23 - 24 maret 2017 | Effective Time & Activity management | Jakarta | Almost Running |
30 | 23 - 24 maret 2017 | Training Needs Analyst ( TNA ) | Surabaya | Almost Running |
31 | 23 - 24 Maret 2017 | Know Your Customer ( KYC ) and Anti Money Laundering | Surabaya | Almost Running |
32 | 29 - 30 maret 2017 | Optimizing Company's KPIs with Balance Scorecard | Jakarta | confirm running |
33 | 29 - 30 maret 2017 | Workload Analysis Implementation with Ms.Excel for HR & Non HR | Jakarta | confirm running |
34 | 30 Maret 2017 | Business Process Mapping | Jakarta | confirm running |
35 | 30 - 31 maret 2017 | Advanced Secretary Development Program | Jakarta | Almost Running |
For More Info & Registration Call Us : | ||||
021 – 5793 2035 / 0858 9026 0140 ( SARI ) | ||||
d.sari131282@gmail.com / sari@marksharetraining.co.id |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar