Jumat, 10 Juni 2016

Almost Running : 1. Strategic & Operational Procurement , 2. SOP Lifecycle

MARKSHARE TRAINING 
PEOPLE DEVELOPMENT

Website : www.marksharetraining.co.id

If you no longer wish to receive message from us, click here to unsubscribe

2 Day Workshop

Strategic and Operational Procurement

Procurement Dengan Pendekatan Strategis dan Operasional

Hotel Oria Jakarta , 21 – 22 Juni 2016


 

Sasaran belajar

Diakhir pelatihan ini peserta akan dapat:

·         Memahami beberap definisi, skop, an dan isu seputar procurement

·         Memahami best practice, tool dan teknik praktis dalam procurement dan menggunakannya baik dalam planning, eksekusi, dan analisa.

·         Memahamai secara umum tentang siklus procurement

·         Memhamami lebih mendalam tentang beberapa elemen dalam siklus procurement seperti sourcing, evaluation, negotiation, dan review.


Hari ke 1:

?       Sekilas Definisi dan Lingkup:

o   Procurement vs purchasing vs sourcing

o   Organisasi Procurement

o   Peran procurement dalam Supply Chain

o   Menterjemahkan strategi perusahaan

o   Strategic vs operational procurement

?       Issue, konsep, dan tool praktis, step2 pendekatan strategic procurement:

o   Kraljic Matrix:

o   Buyer-Supplier relationship:

o   TCO (Total cost of ownership):

o   Single vs Sole vs Multiple Supplier

o   Make vs Buy Analysis

o   Supplier Performance Criteria:

?       Siklus Procurement: tahap Pre-order:

o   Need

o   Specify

o   Sourcing :

o   Enquiry

o   Evaluate:

Hari ke 2:

?       Siklus Procurement: tahap Pre-order (lanjutan):

o   negotiate:

?       Siklus Procurement: tahap Order:

o   Order

o   Kontrak

o   Progress

o   Delivery

?       Siklus Procurement: tahap Post-order:

o   Pay

o   Review:

o   KPI: definsi, benchmark, aplikasi dan efek

Training Fee

Rp. 3.500.000 ,- (REG for 3 person/more )

Rp. 4.000.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop

SOP Lifecycle

27 Juni 2016

Outline

1. Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja

SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000

Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai filosofi SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000.    

 

2. SOP Lifecycle      

Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle.

 

3. Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis

Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be.  

 

4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif      

Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut.         

 

5. Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video

Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian)

           

6. Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP   

Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll)

 

7. Menentukan dan memilih  tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do.           

SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda dan untuk pengguna yang berbeda juga—setidaknya Pengguna pemula dan Pengguna ahli, seringkali Pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan Pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. Pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman     

 

8. Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui.       

Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis.

 

9. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll.     

Dengan template yang disediakan oleh fasilitator, peserta diajak berlatih membuat SOP operasional, latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi

Training Fee

Rp. 3.500.000 ,- (REG for 3 person/more )

Rp. 4.000.000 ,- (Full fare)

 

Contact Us

Markshare Training

STC Senayan Lt. 4 R. 1055 – 1056

Jl. Asia Afrika Pintu IX – Senayan

Mrs. SARI

·         Phone :021-5793 2035 / 0858 9026 0140

·     Email: sari@marksharetraining.co.id; d.sari131282@gmail.com

·    Website :http://www.marksharetraining.co.id

JUNI

NO

TANGGAL

JUDUL TRAINING

1

2 - 3 Juni 2016

Effektif Time Management

2

7 Juni 2016

Powerpoint Do More

3

7 - 8 Juni 2016

Finance for non Finance Executive

4

8 - 9 Juni 2016

Negotiation & Lobbying Skill

5

8 - 9 Juni 2016

Job Analyst , Job evaluation & Job description

6

9 - 10 Juni 2016

New Product Development ( NPD )

7

9 - 10 Juni 2016

Negotiation For Purchasing

8

14 - 15 Juni 2016

Integrated Presentation Management

9

14 - 15 Juni 2016

Warehouse Operation Management

10

15 Juni 2016

Sales management : mengembangkan selling spiritual dalam diri

11

15 - 16 Juni 2016

Workload Analyst

12

15 - 16 Juni 2016

Professional Secretary Development Program

13

16 - 17 Juni 2016

General Affairs Development Program with Data Processing system

14

16 - 17  Juni 2016

leadership Balancedscoredcard

15

16 - 17  Juni 2016

Strategic vendor & sourcing management

16

16 - 17 Juni 2016

Problem Solving & Decision Making

17

21 Juni 2016

Business Process Mapping

18

21 - 22 Juni 2016

Strategic Procurement Management

19

21 - 22 Juni 2016

Professional Debt Collection Program

20

23 - 24 Juni 2016

Technical Report Writing

21

23 - 24 Juni 2016

Supply Chain Management

22

27 Juni 2016

SOP Lifecycle

23

27 - 28 Juni 2016

Manufacturing : Planning & Controling

24

28 - 29 Juni 2016

Strategic Penyusunan KPI

25

29 - 30 Juni 2016

Communication & Assertive Skill

JULI

NO

TANGGAL

JUDUL TRAINING

1

15 Juli 2016

Coaching Clinic

2

18 - 19 Juli 2016

Customer Relation Management ( CRM )

3

19 - 20 Juli 2016

General Affairs Development Program with Data Processing System

4

19 - 20 Juli 2016

Negotiation & Lobbying Skill

5

21 Juli 2016

Personal effectivenes : menjadi karyawan kompeten

6

22 Juli 2016

Powerpoint Do More

7

19 - 20 Juli 2016

Enterprise Risk Management ( ERM )

8

19 - 20 Juli 2016

Financial Control Management ( FCM )

9

20 - 21 Juli 2016

Best Practice Electronic Filing System

10

21 - 22 Juli 2016

Advanced Selling Skill for Maximum Profit

11

21 - 22 Juli 2016

BANDUNG : Talent Management

12

26 - 27 Juli 2016

Business Proposal : Planning & Analysis

13

26 - 27 Juli 2016

Integrated Logistic & Supply Chain Management

14

27 - 28 Juli 2016

Winning Business Presentation Skill

15

28 Juli 2016

Writing advanced SOP Procedures

16

28 - 29 Juli 2016

Effective Leadership : How To Managing People Effectivenes

17

28 - 29 Juli 2016

BANDUNG : Spesifikasi Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri ( HPS )

18

28 - 29 Juli 2016

Training For Trainers ( TFT )

For More Info & Registration Call Us :

021 – 5793 2035  / 0858 9026 0140 ( SARI )

d.sari131282@gmail.com / sari@marksharetraining.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar