MARKSHARE Training
021.57932035 ; 0858 9026 0140
Hadiri & Ikuti
2 Days Training Program
TECHNICAL REPORT WRITING
Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif
Hotel Menara Peninsula, Jakarta , 16 - 17 September 2014
Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode. Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis. 1. Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas. 2. Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon. 3. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview. 4. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel. 5. Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif. Seusai pelatihan para peserta akan memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya. Target Peserta: Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif. AGENDA PELATIHAN Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif · Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan. · Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan. · Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya. · STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor. · LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus · Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing. · STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat · Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias. · Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif. • Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas. • STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya. • LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya. Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami • Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan. • Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT. • Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”. • Membatasi penggunaan jargon. • STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan. • STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan. • LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif. Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung • Memahami proses penerimaan informasi melalui otak. • Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview. • Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel). • LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games. • LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview. Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan • Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi. • Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel. • Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan. • STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan. • LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi • Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis. • Membahas penggunaan alat bantu (xmind). • SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary). • SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan. Fasilitator : NATAR ADRI Natar Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management & Retirement Planning. |
TRAINING FEE :
Rp 3.750.000,-/person Full fare
Get Efficient For InHouse Training
Untuk Permintaan InHouse Training dalam topik diatas ataupun lainnya,silahkan menghubungi kami :
D.Sari Effendi
markshare training
gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056
P : (021) 5793 2035
F : (021) 5793 1773
M : 0858 9026 0140
| ||||||
| Topik Training | Keterangan | ||||
4 - 5 September 2014 | Mastering Excel 2010 | Confirm Running | ||||
9-10 September 2014 | Penyusunan/Pembuatan Peraturan PP/PKB Perusahaan | Almost Running | ||||
9 - 10 September 2014 | HR Audit | Confirm Running | ||||
10 - 11 September 2014 | Negotiation Power For Purchasing | Confirm Running | ||||
10 - 11 September 2014 | Supply Chain Management | Almost Running | ||||
10-11 September 2014 | Training For Trainers | Confirm Running | ||||
10 - 11 September 2014 | Strategic Vendor Management | Almost Running | ||||
11-12 September 2014 | BANDUNG : Handling Complaint & Difficult people | Almost Running | ||||
11 September 2014 | SOP Lifecycle | Almost Running | ||||
11 - 12 September 2014 | Interpersonality Excellence | Almost Running | ||||
11 -12 September 2014 | Budgeting & Cost Control | Almost Running | ||||
16 - 17 September 2014 | HR Management | Almost Running | ||||
16 - 17 September 2014 | PKWT dan Outsourcing | Almost Running | ||||
16 - 17 September 2014 | Effective Report Writing Technique | Almost Running | ||||
16 - 17 September 2014 | Professional General Affairs | Confirm Running | ||||
17 - 18 September 2014 | KPI with Balancedscoredcard | Almost Running | ||||
17 - 18 September 2014 | Powerfull Database Analyst & Dashboard Reporting with excel | Confirm Running | ||||
18 - 19 September 2014 | Finance for non Finance Executive | Almost Running | ||||
18 - 19 September 2014 | Workload Analyst | Almost Running | ||||
18 - 19 September 2014 | HR For Non HR | Almost Running | ||||
18 - 19 September 2014 | Sales & Marketing : 7 Langkah menjual untuk Sales People | Confirm Running | ||||
19-Sep-14 | Powerpoint Do More | Almost Running | ||||
22 - 23 September 2014 | Tax Planning Management | Almost Running | ||||
23 - 24 September 2014 | Proffesional Debt Collection | Almost Running | ||||
23 - 24 September 2014 | Strategic procurement management | Almost Running | ||||
24 - 25 September 2014 | Greatology : The Way of Great Making People | Almost Running | ||||
25 - 26 September 2014 | BALI : Negotiation & Lobbying Skill | Almost Running | ||||
25 - 26 September 2014 | BALI : To Be A Super Secretary | Almost Running | ||||
25 - 26 September 2014 | BALI : Leadership Skill | Almost Running | ||||
25 - 26 September 2014 | Corporate Journalism | Almost Running | ||||
29 - 30 September 2014 | Strategic Business Plan & Budgeting Control | Almost Running | ||||
30 September - 1 Oktober 2014 | Manufacturing Planning & Control :Menyeimbangkan Demand Market & Supply ( Produksi,material,logistic) perusahaan | Almost Running | ||||
1 - 2 Oktober 2014 | Credit Analysis | Almost Running | ||||
2 - 3 Oktober 2014 | SOP Lifecycle | Almost Running | ||||
7 - 8 Oktober 2014 | Supervisory Skill | Almost Running | ||||
8 - 9 Oktober 2014 | Implementation E-Filling with RMS & EFS Method | Almost Running | ||||
9 - 10 Oktober 2014 | Advanced Selling Skill For Maximum Profit | Almost Running | ||||
9 - 10 Oktober 2014 | Finansial Statement Analyst | Almost Running | ||||
9 - 10 Oktober 2014 | Bandung : Negotiation For Purchasing | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Becoming Highly Motivated People | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Handling Complaint & Difficult Customer | Almost Running | ||||
14 Oktober 2014 | Powerpoint Do More | Almost Running | ||||
14 - 15 Oktober 2014 | Problem Solving And Decision Making | Almost Running | ||||
15 - 16 Oktober 2014 | Finance for non Finance Executive | Almost Running | ||||
15 Oktober 2104 | BSC Step By Step | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober 2014 | Recruitment & Selection System | Almost Running | ||||
16 - 17 Oktober2014 | Procurement Management | Almost Running | ||||
20 - 21 Oktober 2014 | Effective Public Relation | Almost Running | ||||
21 - 22 Oktober 2014 | Human Resource Management ( HRM ) | Almost Running | ||||
22 - 23 Oktober 2014 | Strategic vendor Management | Almost Running | ||||
22 - 23 Oktober 2014 | Executive Corporate law | Almost Running | ||||
23 - 24 Oktober 2014 | New Product Development ( NPD ) | Almost Running | ||||
23 - 24 Oktober 2014 | IT Governance | Almost Running | ||||
23 -2 4 Oktober 2014 | Basic Accounting | Almost Running | ||||
27 - 28 Oktober 2014 | Powerfull Database Analyst & Dashboard Reporting with excel | Almost Running | ||||
28 - 29 Oktober 2014 | Managing Office, 5S & Filing System | Almost Running | ||||
28 - 29 Oktober 2014 | Customer Interaction & Telephon Courtesy | Almost Running | ||||
29 - 30 Oktober 2014 | IT Project Management | Almost Running | ||||
30 - 31 Oktober 2014 | Bandung : To Be A Secretary | Almost Running | ||||
30 - 31 Oktober 2014 | Bandung : Workload Analyst | Almost Running |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar