MARKSHARE Training
021.57932035 ; 0858 9026 0140
Hadiri & Ikuti
2 Days Training Program
TECHNICAL REPORT WRITING
Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif
Hotel Menara Peninsula, Jakarta , 9 - 10 Oktober2014
Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode. Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis. 1. Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas. 2. Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon. 3. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview. 4. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel. 5. Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif. Seusai pelatihan para peserta akan memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya. Target Peserta: Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif. AGENDA PELATIHAN Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif · Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan. · Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan. · Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya. · STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor. · LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus · Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing. · STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat · Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias. · Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif. • Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas. • STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya. • LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya. Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami • Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan. • Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT. • Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”. • Membatasi penggunaan jargon. • STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan. • STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan. • LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif. Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung • Memahami proses penerimaan informasi melalui otak. • Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview. • Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel). • LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games. • LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview. Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan • Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi. • Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel. • Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan. • STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan. • LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi • Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis. • Membahas penggunaan alat bantu (xmind). • SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary). • SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan. Fasilitator : NATAR ADRI Natar Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management & Retirement Planning. Investasi Rp. 3.750.000,-/ person Full fare |
D.Sari Effendimarkshare traininggedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056P : (021) 5793 2035F : (021) 5793 1773M : 0858 9026 0140
Jadwal Public Training September - Desember MARKSHARE Training
Topik Training
Keterangan
18 - 19 September 2014
Workload Analyst
Almost Running
18 - 19 September 2014
HR For Non HR
Almost Running
18 -19 September 2014
Sales & Marketing : 7 Langkah menjual untuk Sales People
Confirm Running
18 -19 September 2014
Bandung : Handling Complaint & Difficult People
Confirm Running
19-Sep-14
Powerpoint Do More
Almost Running
22 - 23 September 2014
Tax Planning Management
Almost Running
23 - 24 September 2014
Proffesional Debt Collection
Confirm Running
23 - 24 September 2014
Strategic procurement management
Almost Running
24 - 25 September 2014
Greatology : The Way of Great Making People
Almost Running
24 - 25 September 2014
Negotiation For Purchasing
Almost Running
25 - 26 September 2014
BALI : Negotiation & Lobbying Skill
Almost Running
25 - 26 September 2014
Advanced Secretary Development Program
Confirm Running
25 - 26 September 2014
Handling Complaint & Difficult Customer
Almost Running
25 - 26 September 2014
BALI : Leadership Skill
Almost Running
25 - 26 September 2014
Corporate Journalism
Almost Running
29 - 30 September 2014
Strategic Business Plan & Budgeting Control
Almost Running
30 September - 1 Oktober 2014
Manufacturing Planning & Control :Menyeimbangkan Demand Market & Supply ( Produksi,material,logistic) perusahaan
Almost Running
1 - 2 Oktober 2014
Credit Analysis
Almost Running
2 - 3 Oktober 2014
SOP with KPI
Almost Running
6 - 7 Oktober 2014
Accurate Inventory Planning & Stock Control
Almost Running
7 - 8 Oktober 2014
Supervisory Skill
Almost Running
8 - 9 Oktober 2014
Implementation E-Filling with RMS & EFS Method
Almost Running
9 - 10 Oktober 2014
Advanced Selling Skill For Maximum Profit
Almost Running
9 - 10 Oktober 2014
Finansial Statement Analyst
Confirm Running
9 - 10 Oktober 2014
Effective Report Writing Techniques
Almost Running
14 - 15 Oktober 2014
Becoming Highly Motivated People
Almost Running
14 - 15 Oktober 2014
Handling Complaint & Difficult Customer
Almost Running
14 Oktober 2014
Powerpoint Do More
Almost Running
14 - 15 Oktober 2014
Problem Solving And Decision Making
Almost Running
15 - 16 Oktober 2014
Finance for non Finance Executive
Almost Running
15 -16 Oktober 2014
Basic Managing Performance for Manager
Almost Running
15 Oktober 2104
BSC Step By Step
Almost Running
16 - 17 Oktober 2014
Recruitment & Selection System
Almost Running
16 - 17 Oktober2014
Procurement Management
Almost Running
16 - 17 Oktober 2014
Coaching & Conseling
Almost running
20 - 21 Oktober 2014
Effective Public Relation
Almost Running
21 - 22 Oktober 2014
Human Resource Management ( HRM )
Almost Running
22 - 23 Oktober 2014
Cost Reduction in Purchasing
Almost Running
22 - 23 Oktober 2014
Executive Corporate law
Almost Running
23 - 24 Oktober 2014
New Product Development ( NPD )
Almost Running
23 - 24 Oktober 2014
Best Practice Warehouse Management
Confirm Running
23 - 24 Oktober 2014
Marketing Strategy
Almost Running
23 -2 4 Oktober 2014
Basic Accounting
Almost Running
27 - 28 Oktober 2014
Powerfull Database Analyst & Dashboard Reporting with excel
Almost Running
28 - 29 Oktober 2014
Managing Office, 5S & Filing System
Almost Running
28 - 29 Oktober 2014
Customer Interaction & Telephon Courtesy
Almost Running
29 - 30 Oktober 2014
IT Project Management
Almost Running
30 - 31 Oktober 2014
Bandung : Strategic Vendor Management
Almost Running
30 - 31 Oktober 2014
Bandung : Workload Analyst
Almost Running
4 - 5 November 2014
Creative & Analytical Thingking
Almost Running
4 - 5 November 2014
Professional General Affairs
Almost Running
6 - 7 November 2014
PDCA(Plan, Do, Check, Action)
Almost running
6 - 7 November 2014
Extraordinary Journalism For Corporate Website
Almost Running
11 - 12 November 2014
HR For Non HR
Almost Running
12 - 13 November 2014
Training for Trainers
Almost Running
13 - 14 November 2014
Interpersonality Excellence
Almost Running
13 - 14 November 2014
Advanced Secretary Development Program
Almost Running
17 - 18 November 2014
Training Need Analyst ( TNA )
Almost Running
18 - 19 November 2014
Industrial Relation
Almost Running
18 - 19 November 2014
PKWT & Outsourcing
Almost Running
18 - 19 November 2014
Tax Planning Management
Almost Running
19 - 20 November 2014
Budgeting & Cost Control
Almost Running
19 - 20 November 2014
Asset Management
Almost Running
19 - 20 November 2014
Penyusunan SOP with KPI
Almost Running
20 - 21 November 2014
Bandung : Supply Chain Management
Almost Running
20 - 21 November 2014
Bali : Fundamental Leadership
Almost Running
20 - 21 November 2014
Bali : Negotiation & Lobbying Skill
Almost Running
25 - 26 November 2014
Sales & Marketing: Increasing Your Sales Throught Effective Selling
Almost Running
25 - 26 November 2014
Professional debt Collection
Almost Running
25 - 26 November 2014
Effective Report Writing Techniques
Almost Running
26 - 27 November 2014
Cost reduction & Risk Mitigation
Almost Running
27 - 28 November 2014
Know Your Customer (KYC ) Principles
Almost Running
27 - 28 November 2014
Supervisory Skill
Almost Running
27 - 28 November 2014
Surabaya : Negotiation For Purchasing
Almost Running
2 - 3 Desember 2014
Implementation E-Filing System with RMS/EFS
Almost Running
2 - 3 Desember 2014
BalancedScoredcard Step by step
Almost Running
3 - 4 Desember 2014
Strategic Business Plan & Budgeting
Almost Running
4 - 5 Desember 2014
Sales & Marketing : The 7 Selling Step for Sales People
Almost Running
4 - 5 Desember 2014
Advanced Selling for maximum Profit
Almost Running
9 - 10 Desember 2014
Executive Corporate Law
Almost Running
9 - 10 Desember 2014
New Product Development ( NPD )
Almost Running
10 - 11 Desember 2014
Accurate Inventory Planning & Stock Control
Almost Running
10 - 11 Desember 2014
Effektif Public Relation
Almost Running
11 - 12 Desember 2014
Bandung ; Strategic Procurement Management
Almost running
11 - 12 Desember 2014
Bandung : Handling Complaint & Difficult Customer
Almost Running
15 - 16 Desember 2014
Workload Analyst
Almost Running
16 - 17 Desember 2014
Managing office, 5S & Filing System
Almost Running
16 - 17 Desember 2014
Coaching & Conseling
Almost Running
16 - 17 Desember 2014
Customer Interaction & Telephon Courtesy
Almost Running
17 - 18 Desember 2014
Surabaya : Corporate Journalism
Almost Running
17 - 18 Desember 2014
Surabaya : Finance for non Finance Executive
Almost Running
18 - 19 Desember 2014
Powerfull database Analyst and dashboard reporting with excel
Almost Running
18 - 19 Desember 2014
Problem Solving and Decision Making
Almost Running
18 - 19 Desember 2014
Marketing Strategy
Almost Running
22 - 23 Desember 2014
Mastering Excel 2007 / 2010
Almost Running
23 - 24 Desember 2014
Credit Analyst
Almost Running
23 - 24 Desember 2014
Negotiation For Purchasing
Almost Running
29 Desember 2014
Powerpoint Do More
Almost Running
Tidak ada komentar:
Posting Komentar