Selasa, 01 Maret 2016

Penyiapan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) & Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan (RKAP)

Kepada Yth. gogoteko.gezant@blogger.com,

 

Dengan hormat,

Berikut ini kami informasikan salah satu Topik Training yang akan kami selenggarakan di Menara Peninsula Hotel, Slipi – Jakarta Barat pada tanggal 16 – 17 Maret 2016; Almost Running.

Apabila bapak / ibu berkenan, mohon informasi ini dapat diteruskan ke Director / Manager / Human Resources atau Departemen / Bagian terkait.

Terima kasih atas kerja sama dan bantuannya.

Regards,

Vika Management Consultant

DATE

TOPIC

PRICE / PERSON

Full Fare

Early Bird Fee

Groups (3 Person)

16 – 17 Mar 2016

PENYIAPAN RJPP & RKAP

Rp. 4.500.000,-

Rp. 4.150.000,-

Rp. 3.750.000,-

Untuk syllabus lengkap, silahkan di scroll ke bawah atau hubungi kami di

nomor telepon : 021-86903281 / 08111019811 / 081947147881


Penyiapan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) &

Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan (RKAP)


Training Description :

Sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah maka timbul konsekuensi logis berupa tuntutan untuk menyelenggarakan pemerintahan berdasarkan manajemen keuangan yang sehat (good governance). Keuangan daerah tidak hanya berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun juga anggaran perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang menyatakan bahwa kekayaan dipisahkan pada perusahaan daerah merupakan bagian dari kekayaan negara/daerah.

 

Secara umum pendirian BUMD dimaksudkan untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian daerah dan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD), namun fakta menunjukkan bahwa sebagian besar BUMD di Indonesia masih memiliki kinerja yang memprihatinkan. Salah satu alasan utamanya adalah manajemen yang belum dikelola dengan baik karena belum berjalannya fungsi perencanaan dan pengendalian serta masih belum dipahaminya prinsip transparansi dan akuntabilitas. Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) & Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) merupakan salah satu alat perencanaan dan pengendalian manajemen dan sekaligus sebagai media akuntabilitas manajemen. RJPP & RKAP yang disiapkan secara matang, akan banyak membantu manajemen dalam memenuhi prinsip akuntabilitas dan transparansi, namun kelemahan dalam penyiapan RJPP & RKAP juga dapat mempengaruhi kredibilitas manajemen.

 

Perencanaan kerja dan sistem anggaran dengan kombinasi pendekatan topdown dan bottom-up, mensyaratkan perlunya pemahaman terkoordinasi antara seluruh tingkatan manajemen, sehingga pelatihan Penyiapan RJPP & RKAP diharapkan dapat menyegarkan kembali konsep RJPP & RKAP dan sekaligus mempertajam kemampuan manajemen dalam memahami mekanisme yang harus dilaksanakan dalam proses penyiapan RJPP & RKAP.

 

Tujuan Pelatihan :

Tujuan pelatihan Penyiapan RJPP & RKAP meliputi :

1.       Menyegarkan kembali konsep RJPP & RKAP sebagai salah satu alat utama dalam penyelenggaraan fungsi perencanaan dan pengendalian manajemen, serta sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi yang menjadi bagian dari tata kelola perusahaan yang baik.

2.       Mempertajam pemahaman peserta mengenai mekanisme dan langkah-langkah Penyiapan RJPP & RKAP.

 

Outline :

1.        Pendahuluan RJPP & RKAP.

·         Latar belakang dan sejarah perusahaan.

·         Visi dan misi perusahaan.

·         Tujuan perusahaan.

·         Arah Pengembangan perusahaan.

2.        Evaluasi Pelaksanaan RJPP & RKAP.

·         Evaluasi terhadap RKAP dan RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) lama dilihat dari aspek : Pemasaran, Organisasi dan SDM, Engineering, Keuangan, Aktiva dan Pasiva Perusahaan, Laba Perusahaan dan Tingkat Kesehatan Perusahaan.

·         Inventarisasi Permasalahan dan Upaya Pemecahannya.

3.        Analisis Posisi Perusahaan.

·         Analisis Lingkungan Usaha dengan teori struktur industri yang meliputi aspek: Pendatang baru, pembeli,  produk substitusi dan aspek pemasok.

·         Analisis SWOT( Strength, Weakness, Opportunity dan Threat)

·         Analisis PESTLE (Political,Economic, Sociological, Technological, Legal and Environmental).

·         Analisis Daya saing perusahaan.

·         Analisis perubahan lanskap ekonomi dan bisnis.

·         Analisis trend persaingan bisnis.

4.        Strategi Perusahaan.

·         Formulasi Strategi yang meliputi : Strategi korporasi, Strategi bisnis, Strategi fungsi dan Alignment.

·         Dimensi-dimensi strategi.

5.       Skenario Implementasi Strategi.

·         Pengukuran dan umpan balik.

·         Implementasi konsep pengukuran kinerja dengan Balanced Scorecards.

·         Disain Strategy Map Perusahaan.

·         Disain KPI (Key Performance Indicators).

·         Peta jalan teknologi dan produk.

·         Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Organisasi.

6.        Laporan Keuangan perusahaan.

·          Neraca.

·          Laba –rugi.

·          Cashflow.

7.        Teknik Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan.

·          Analisis Rasio Keuangan perusahaan.

·          Commonsize method.

·          Analisis Du Pont

8.        Teknik Penyusunan Budget Perusahaan.

·          Teknik Penyusunan Proforma income statement.

·          Teknik Penyusunan Proforma Balance Sheet.

·          Teknik Penyusunan Cash Budget.

9.        Teknik Analisis Investasi

·          Time value of money.

·          Teknik Perhitungan Payback Period.

·          Teknik Perhitungan IRR (Internal Rate of Return).

·          Teknik Perhitungan NPV (Net Present Value).

10.    Proyeksi Kegiatan Usaha.

·          Sasaran Perusahaan.

·          Asumsi-asumsi.

·          Proyeksi Penjualan.

·          Rencana Investasi.

·          Proyeksi laba –rugi.

·          Proyeksi Neraca.

·          Proyeksi aliran kas (Cash Flow).

·          Proyeksi Rasio Keuangan.

·          Proyeksi kinerja keuangan perusahaan dengan analisis Du Pont.

11.    Praktek Penyiapan RKAP dengan menggunakan program Ms Office excel

 

Training Method :

·         Lecturing, Practices, Group Practices, Case Studies.

·         Setiap Peserta Diharapkan Membawa Laptop.

 

Who Should Attend :

·         Manajer dan Staf Bagian Perencanaan Bisnis, Manajer dan Staf Budgeting, Manajer pada semua tingkatan.

 

Trainer  : Ir. Asep Saefulbachri, MBA, MM

Lulusan Teknik Industri ITB yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum Training nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll.


MORE TOPIC ON MARCH 2016

DATE

TOPIC

02 – 03

Finansial Statement Analyst ( FSA )

03 – 04

Finance for Non Finance Executive

07 – 08

Effektive Communication & Interpersonal skill

10 – 11

Tehnik Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

10 – 11

Effective Negotiation Skill

10 - 11

Handling Difficult People and Complaints

14 – 15  

Creative Problems Solving And Decision Making (PROSDEM)

14 – 15

Professional General Affair Development Program

15 – 16

Project Cost Estimation & Cost Control

16 – 17

Penyiapan RJPP & RKAP

16 – 17

Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based On Document Regulation

16 – 17

Pelatihan Humas Dan Protokoler

16 – 17

Strategic Procurement management

17 – 18

The 7 Selling skill for sales people

17 – 18

Integrated Presentation Skill

22 – 23

Extraordinary Journalism for Corporate Website

22 – 23

Tata kelola kantor : Managing Office & Filing system

23 – 24

Contrac Management & Tender in Procurement

23 – 24

Modern Time Management (Mengelola Waktu Secara Efektif)

23 – 24

Credit Analysis, Monitoring And Problem Solving

29 – 30

Pelatihan Teknik dan Prosedur Penyusunan KPI berbasis Balanced Scorecard

29 – 30

Best Practice Of Workload Analysis

30 – 31

Competitive  Marketing Strategy


Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi :

Sdr. Markus atau Sdri. Natalia atau Sdr. Helmi

Telp. : (021) 8690 3283 / 0811 101 9811 / 0819 4714 7881

E-mail : markus.mm29@gmail.com / vika.seminar@indo.net.id / vika-seminar@indo.net.id


If you no longer wish to receive message from us, click here to unsubscribe 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar