Senin, 23 November 2015

Confirm Running : Technical Report Writing , 3 - 4 Desember 2015

MARKSHARE TRAINING
Call Us : 021 - 5793 2035 / 085890260140

d.sari1312182@gmail.com/ sari@marksharetraining.co.id

TECHNICAL REPORT WRITING

 Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif

Jakarta , 3 – 4 Desember  2015

 

Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode.

 

Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis.

1.      Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas.

2.      Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon.

3.      Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview.

4.      Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel.

5.      Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif.

 

Seusai pelatihan para peserta akan memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya.

 

Target Peserta: Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif.

 

AGENDA PELATIHAN

Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif

·         Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.

·         Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.

·         Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.

·         STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.

·         LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan

 

Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus

·         Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.

·         STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining

 

Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat

·         Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.

·         Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.

• Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.

• STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya.

• LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.

 

Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami

• Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.

• Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT.

• Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.

• Membatasi penggunaan jargon.

• STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.

• STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.

• LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.

 

Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung

• Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.

• Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.

• Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).

• LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.

• LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.

 

Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan

• Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.

• Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.

• Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.

• STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.

• LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan

 

Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi

• Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.

• Membahas penggunaan alat bantu (xmind).

• SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).

• SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.

 

TRAINING INVEST

Full Fare : Rp. 4.000.000,-/Peserta 

Group ( 3 orang )  : Rp. 3.500.000/peserta

Early Bird ( pendaftaran sebelum tanggal 20 November  2015 ) : Rp. 3.750.000/Peserta

MARKSHARE Training
Call us For More Info : 021 - 5793 2035 / 0858 9026 0140(ms. SARI)
sari@marksharetraining.co.id
/ d.sari131282@gmail.com
if you wanna see our other following schedule, please click here
if you dont want to receive any emails from us anymore, please simply click here

 

JADWAL PUBLIC TRAINING DESEMBER 2016

 

 

 

 

 

NO

TANGGAL

TOPIK TRAINING

KET

1

1 - 2 Desember 2015

Business Plan And Budgeting

Almost Running

3

3 - 4 Desember 2015

Comprehensive Basic Accounting & Financial Statement

Almost Running

4

3 - 4 Desember 2015

Strategic & Operational Procurement

Almost Running

5

3 - 4  Desember 2015

Technical Report Writing

Confirm Running

6

3 - 4 Desember 2015

Negotiation & Lobbying Skills

Almost Running

7

3 - 4 Desember 2015

BANDUNG  : Strategic Sourcing & Vendor Management

Confirm Running

8

7 - 7 Desember 2015

Infographic With Powerpoint

Almost Running

9

8 - 9 Desember 2015

Financial Statement Analyst ( FSA )

Almost Running

10

8 - 9 Desember 2015

Becoming A Trusted Advisor

Almost Running

11

8 - 9 Desember 2015

Project Management Using Primavera

Almost Running

12

8 - 9 Desember 2015

Effektif negotiation For Sales People

almost Running

13

8 - 9 Desember 2015

Customer Relation Management

Almost Running

14

9 - 10 Desember 2015

Recruitment & Selection Program

Almost Running

15

9 - 10 Desember 2015

Strategy & Initiative Management Office

Almost Running

16

9 - 10 Desember 2015

Tata kelola Kantor, Dokumen , Inventaris & Kearsipan

Almost Running

17

9 - 10  Desember 2015

Building High Performance for SPV

Almost Running

18

10 - 11 Desember 2015

Budgeting profit Planning & Cost Control

Almost Running

19

10 - 11 Desember 2015

GA Management Development Program

Almost Running

20

10 - 11 Desember 2015

Effektive Public Relation ( PR )

Almost Running

21

10 - 11 Desember 2015

Managing People "Leadership & Managerial Skills For Supervisor & Manager"

Confirm Running

22

10 - 11 Desember 2015

Clinic of Essential Excel For Office Data Processing System

Almost Running

23

10 - 11 Desember 2015

Finance for Non Finance

Almost Running

24

11 - 11 Desember 2015

SOP Lifecycle

Almost Running

25

14 - 15 Desember 2015

Tax Planning Management

Almost Running

26

14 - 15 Desember 2015

The 7 selling step for sales people

Almost Running

27

14 - 15 Desember 2015

Managing Difficult Customer & Handling Complaints Professionaly

Almost Running

28

15 - 16 Desember 2015

Negotiation Power for Purchasing

Confirm Running

29

15 - 16 Desember 2015

Human Resources Management ( HRM )

Almost Running

30

15 - 16 Desember 2015

Business Ethic For Secretary

Almost Running

31

15 - 16 Desember 2015

Powerfull Database Analysis & Dashboard Reporting Using Excel 2007/2010

Confirm Running

32

15 - 16 Desember 2015

Increasing Your Sales Throught Effective Selling

Almost Running

33

17 - 18 Desember 2015

Kiat Menyusun SOP with KPI

Almost Running

34

17 - 18 Desember 2015

Business English

Almost Running

35

17 - 18 Desember 2015

Project Management Using Ms. Project Application

Confirm Running

36

17 - 18 Desember 2015

Training For Trainers ( TFT )

Almost Running

37

17 - 18 Desember 2015

BALI : Managing People "Leadership & Managerial Skills For Supervisor & Manager"

Almost Running

38

17 - 18 Desember 2015

BALI : Advanced Secretary Development Program

Almost Running

39

17 - 18 Desember 2015

Extraordinary Journalism For Corporate Website

Almost Running

40

17 - 18 Desember 2015

BANDUNG  : Metode Penyusunan Spesifikasi & Harga Perkiraan Sendiri (HPS / OE)

Almost Running

41

17 - 18 Desember 2015

Total Quality Management (TQM)

Almost Running

42

17 - 18 Desember 2015

Best Practice Warehouse Management

Almost Running

43

21 - 22 Desember 2015

Effektive Time Management

Almost Running

44

21 - 22 Desember 2015

Training Needs Analyst ( TNA )

Almost Running

45

21 - 22 Desember 2015

Creative Managing Inhouse Magazine

Almost Running

46

21 - 22 Desember 2015

Comprehensive Supervisory Skills

Almost Running

47

21 - 22 Desember 2015

Electronic Filing Implementation With

Almost Running

48

21 - 22 Desember 2015

Communication & Interpersonal Skills

Almost Running

49

21 - 22 Desember 2015

Service Excellence

Almost Running

50

23 - 24 Desember 2015

Coaching & Counseling

Almost Running

51

23 - 24 Desember 2015

Financial Accounting

Almost Running

52

23 - 24 Desember 2015

Basic Leadership Management For Leaders

Almost Running

53

29 - 30 Desember 2015

Problem Solving and Decision Making

Almost Running

54

29 - 30 Desember 2015

Compensation & Benefit based 3P

Almost Running

55

30 - 31 Desember 2015

New Product Development ( NPD )

Almost Running

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar