MARKSHARE TRAINING Call Us : 021 - 5793 2035 / 08561044530 |
1 Day Training : SOP LIFECYCLE Menara Peninsula Hotel - 10 September 2015 |
Mengapa serinhkali SOP ditempat kerja menjadi counter - productive ? ada tetapi tidak digunakan, ada tapi pengguna ragu ragu, apakah berisi panduan yang update, ada tetapi diletakan dilemari yang terkunci ? SOP tidak sama dengan peosedur, apabila prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas Top - Down, SOP dibuat atas kesepakatan antar penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak) . salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adakah karena dibuat tanpa melibatkan pengguna. Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauh mana ia memberi nilai tambah b) sejauh mana ia dapat menyamakan persepsi antar bagian / departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali atau pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada Pelatihan ini membuat perusahaan / organisasi menjalankan proses bisnisnya lebih efektif dan efisien. setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat mengendalikan, merevisi dan memantau dalam sebuah siklus SOP Lifecycle. | |
Agenda Training : -
Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000 Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai filosofi SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000. -
SOP Lifecycle Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle -
Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be. -
SOP Tehnis v.s SOP Administratif Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut. -
Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian) -
Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll) -
Menentukan dan memilih tingkat perincian SOP ( Who Does What) Beyond Write What You Do, SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda untuk para pengguna yang berbeda juga, setidaknya pengguna pemula dan pengguna ahli. seringkali pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman -
Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis. -
Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll, dengan tempate yang sudah disediakan oleh fasilitator peserta dilatih untuk membuat SOP Operasional. latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi atau menulis ulang SOP yang ada diperusahaan masing-masing Date & Venue : Menara Peninsula Hotel - Jakarta Kamis, 10 September 2015 Investment Rp. 2.950.000 ,-/ Orang : Harga Normal Rp. 2.750.000,-/ Orang : Harga Early Bird (Pendaftaran sebelum tanggal 5 September) Rp. 7.500.000,-/ Orang : Harga Group (pendaftaran 3 orang sebelum tgl 5 september) |
MARKSHARE Training Call us : 021 - 5793 2035 / 0856 1044 530 (ms. Eby) if you wanna see our other following schedule, please click here if you dont want to receive any emails from us anymore, please simply click here |
JADWAL TRAINING PUBLIC MARKSHARE BULAN SEPTEMBER & OKTOBER 2015
NO | TANGGAL PELAKSANAAN | JUDUL TRAINING |
1 | 02 - 03 September 2015 | Budgetting & Cost Control |
2 | 03 - 04 September 2015 | Core Competencies To Be A Super Secretary |
3 | 08 - 09 September 2015 | Professional General Affairs |
4 | 08 - 09 September 2015 | Strategic & Operational Procurement |
5 | 10 September 2015 | SOP Life Cycle |
6 | 10 - 11 September 2015 | Payroll Management System Implementation With Ms. Excel, Overtime Calculation & PPH 21 |
7 | 10 - 11 September 2015 | Negotiation Power For Purchasing |
8 | 10 - 11 September 2015 | Training Need Analysis |
9 | 10 - 11 September 2015 | Advanced Selling Skills : Strategy to Maintaining Major Account |
10 | 11 September 2015 | Business Process Mapping |
11 | 15 - 16 September 2015 | Finance Management For Non Finance Executive |
12 | 15 - 16 September 2015 | Project Cost EstimationManufacturing Planning & Control / Production Planning & Inventory Control (MPC / PPIC) |
13 | 17 - 18 September 2015 | Metode Penyusunan Spesifikasi & Harga Perkiraan Sendiri (Owner Estimate) (BANDUNG) |
14 | 17 - 18 September 2015 | Bisnis Etiket & Protokoler (BALI) |
15 | 17 - 18 September 2015 | Refreshment & Personality Program For Secretary (BALI) |
16 | 17 - 18 September 2015 | Managing Office & Filing System With Kaizen 5S |
17 | 17 - 18 September 2015 | Effective Negotiation & Lobbying Skills |
18 | 22 - 23 September 2015 | Mastering Excel 2007/2010 For Office Data Processing System |
19 | 22 - 23 September 2015 | The 7 Selling Step For Sales People |
20 | 22 - 23 September 2015 | Technical Report Writting |
21 | 22 - 23 September 2015 | Managing People (Leadership & Managerial Skills For Supervisors & Managers) |
22 | 23 September 2015 | Creating Balance Scorecad Step by Step |
23 | 28 - 29 September 2015 | Corporate Journalism |
24 | 28 - 29 September 2015 | Creative Managing Inhouse Magazine Skills |
25 | 28 - 29 September 2015 | Procurement Progress & Order Monitoring (BANDUNG) |
26 | 29 - 30 September 2015 | Project Management Using Ms. Project Application |
27 | 29 - 30 September 2015 | The Art of Getting Paid : Collection & Control Management |
28 | 29 - 30 September 2015 | Business Plan & Budgeting |
29 | 29 - 30 September 2015 | Leading in Communication With Lego Serious Play (LSP) Method : New In Indonesia |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar