Kamis, 03 September 2015

Batch 3 : 1. Technical Report Writing , 2. Business Plan and Budgeting , 3. Corporate Journalism

MARKSHARE Training

Call Us : D. Sari Effendi , 021 – 5793 2035

0858 9026 0140

 

 

 

TECHNICAL REPORT WRITING

 Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif

                                             22 – 23 September 2015

 

AGENDA PELATIHAN

Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif

·         Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.

·         Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.

·         Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.

·         STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.

·         LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan

 

Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus

·         Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.

·         STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining

 

Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat

·         Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.

·         Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.

• Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.

• STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya.

• LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.

 

Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami

• Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.

• Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT.

• Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.

• Membatasi penggunaan jargon.

• STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.

• STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.

• LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.

 

Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung

• Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.

• Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.

• Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).

• LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.

• LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.

 

Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan

• Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.

• Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.

• Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.

• STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.

• LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan

 

Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi

• Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.

• Membahas penggunaan alat bantu (xmind).

• SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).

• SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.

 

TRAINING INVEST

Full Fare : Rp. 4.000.000,-/Peserta 

Group ( 3 orang )  : Rp. 3.500.000/peserta

Early Bird ( pendaftaran sebelum tanggal 15 September  2015 ) : Rp. 3.750.000/Peserta

 

 

BUSINESS PLAN AND BUDGETING

29 – 30 September 2015

 

 

Materi Bahasan:

 

Hari 1 Training.

Sesi 1: Menterjemahkan Visi dan Misi Perusahaan ke dalam Rencana Bisnis.

v       Menterjemahkan Visi dan Misi Perusahaan dengan bisnis yang akan dibuat berdasarkan dari ‘passion’ tim yang terlibat.

 

Sesi 2. Melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal usaha menggunakan model SWOT –Analysis

v       Mengenali bermacam-macam peluang usaha yang bisa dilakukan.

v       Menganalisa faktor-faktor kunci dari peluang usaha yang akan dilakukan.

 

Sesi 3. Menetapkan objectives dari rencana kerja tahunan dan kriteria kinerja utama.

v       Penetapan

v       Perencanaan Bisnis Plan dan bagaimana Pelaksanaannya.

 

Sesi 4. Menetapkan rangkaian strategi dan taktik pencapaian rencana kerja .

v       Mengumpulkan informasi-informasi dari pesaing dan bagaimana menghadapinya.

v       Strategi perekrutan tenaga kerja.

 

Hari 2 Training.

Sesi 5. Menyusun kebutuhan sumber daya dan menetapkan anggaran rencana kerja.

v       Mencari alternatif-alternatif sumber pembiayaan (Permodalan).

v       Kalkulasi keuangan berdasarkan sumber permodalan dan penggunaannya.

 

Sesi 6. Menetapkan langkah: monitoring, dan evaluasi tindakan.

v       Pemahaman betapa penting melakukan evaluasi dalam bisnis.

v       Kapan waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi dan monitoring.

v       Aspek-aspek yang perlu dievaluasi dan monitoring.

 

Sesi 7 & 8. Presentasi & Diskusi terhadap proposal bisnis plan yang dibuat oleh kelompok peserta dan kelompok peserta lainnya menilai apakah proposal bisnis plan tersebut memungkinkan untuk dilakukan.

 

TRAINING INVEST

Full Fare : Rp. 4.000.000,-/Peserta 

Group ( 3 orang )  : Rp. 3.500.000/peserta

Early Bird ( pendaftaran sebelum tanggal 15 September  2015 ) : Rp. 3.750.000/Peserta

 

 

 

Corporate Journalism

How to run publication for PR & HR purposes

28 – 29 September  2015 

 
 
Materi Pelatihan
·         Sesi 1: Jurnalistik, Media Korporasi & Practical PR  
o   Media korporasi dan internal relations
o   Media korporasi dan external relations
o   Media online dan karakteristiknya
o   Media cetak dan karakteristiknya
o   Jenis tulisan untuk media online
o   Jenis tulisan untuk media cetak
·         Sesi 2: Kriteria Materi & Manajemen Media.
o   Tujuh kriteria memilih bahan baku media
o   Proses kerja jurnalistik
o   Manajemen media
·         Sesi 3: Menulis Straight News.
o   Komponen straight news
o   Bangun dasar straight news
§  Extreme straight news
§  Narrative straight news  
·         Sesi 4: Menulis News Feature (1).  
o   Bahan baku narrative news
o   Ciri dan karakteristik narrative news
o   Komponen penting narrative news
§  Narasi
§  Deskripsi
§  Adegan   
·         Sesi 5: Menulis News Feature (2). 
o   Bangun / Bentuk dasar
o   Memikat pembaca dengan judul
o   Memikat pembaca dengan lead
·         Sesi 6: Menulis Artikel (knowledge-sharing). 
o   Menulis berbasis pengetahuan
o   Jenis-jenis pengetahuan
§  Fokus 1: why
§  Fokus 2: how.  
·         Sesi 7: Menulis Opini dan Refleksi. 
o   Bahan baku, bagaimana memilih
o   Menentukan opini, sikap
o   Bangun dasar
o   Variasi model penulisan
·         Sesi 8: Fotografi Jurnalistik   
o   Dasar umum fotografi
o   Fotografi jurnalistik VS Salon
o   Komponen dalam objek foto
o   Frame dan coverage
o   Sikap dasar fotografer jurnalistik  
Investasi
Full Fare : Rp. 4.000.000,-/Peserta 
Group ( 3 orang )  : Rp. 3.500.000/peserta
Early Bird ( pendaftaran sebelum tanggal 15 September 2015 ) : Rp. 3.750.000/Peserta
 

OTHER OUR SCHEDULE ON SEPTEMBER - OCTOBER, 2015

 

 

People Development

 

Website : www.marksharetraining.co.id

 

NO

TANGGAL

JUDUL TRAINING

1

2 - 3 September 2015

Budgeting & Cost control

2

3 - 4 September 2015

Core Competencies To Be A Super Secretary

3

8 - 9 September 2015

Successful GA Development Program

4

8 - 9 September 2015

Strategic Procurement Management

5

10 - 11 September 2015

Training Needs Analyst

6

10 - 11 September 2015

Negotiation Power for Purchasing

7

11-Sep-15

Business Process Mapping ( BPM )

8

15 - 16 September 2015

Finance for Non Finance Executive

9

15 - 16 September 2015

Project Cost Estimation

10

17 - 18 September 2015

Negotiation & Lobbying Skill

11

17 - 18 September 2015

Managing Office & Filing System with 5 S

12

22 - 23 September 2015

The 7 Selling Step for sales people

13

22 - 23 September 2015

Technical Report Writing

14

28 - 29 September 2015

Corporate Journalism

15

6 - 7 Oktober 2015

Advanced Selling Skill For Maximum Profit

16

8 - 9 Oktober 2015

Managing People : Leadership Skill

17

8 - 9 Oktober 2015

Financial Statement Analyst ( FSA )

18

12 Oktober 2015

Pedoman Praktis Membaca Laporan Keuangan

19

12 - 13 Oktober 2015

IT Project Management

20

12 - 13 Oktober 2015

Basic Accounting

21

16 Oktober 2015

Balanced Scoredcard Step by Step

22

20 - 21 Oktober 2015

Best Practice Warehouse Management

23

20 - 21 Oktober 2015

New Product Development ( NPD )

24

22 - 23 Oktober 2015

Manufacturing Performance INDEX ( Bandung )

25

22 - 23 Oktober 2015

Effektif Assertif Communication Skill

26

22 - 23 Oktober 2015

Building Service Excellence Culture For Your Team

27

26 Oktober 2015

Penerapan ASTRA Management system

28

27 - 28 Oktober 2015

Risk Management Berbasis ISO 31000

29

27 - 28 Oktober 2015

basic Marketing & CRM Management

30

29 - 30 Oktober 2015

Building Management

31

29 - 30 Oktober 2015

Effektif File Management & Database System for Secretary

32

29 - 30 Oktober 2015

Quality Control Of Civil Work

33

29 - 30 September 2015

Business Plan And Budgeting

For More Info & Registration Call Us :

021 – 5793 2035  / 085890260140 ( SARI )

d.sari131282@gmail.com / sari@marksharetraining.co.id / register@marksharetraining.co.id

www.marksharetraining.co.id

 




This email has been checked for viruses by Avast antivirus software.
www.avast.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar