Jumat, 24 Juli 2015

Public Training August 2015 : 1. Analisa Kredit Untuk Nasabah UMKM; 2. Strategi Meningkatkan Kredit UMKM; 3. SOP Finance Berbasis Internal Control System

Yth.   gogoteko.gezant@blogger.com

 

Dengan hormat,

 

Apabila bapak/ibu berkenan, mohon informasi ini dapat diteruskan ke Director/Manager/Human Resources atau Departemen/Bagian terkait.

 

Terima kasih atas kerja sama dan bantuannya.


Analisa Kredit Untuk Nasabah UMKM

Hotel Menara Peninsula, Jakarta, 13 – 14 Agustus 2015

Training Fee : Rp. 4.250.000,-/Peserta


Training Description :

Pelatihan ini merupakan program pelatihan yang terpadu, sistematis, dan praktis sehingga mudah dimengerti dan dipraktekkan dalam menganalisa proposal kredit calon debitur atau debitur Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).


Program pelatihan ini selain membahas teori juga akan banyak mengupas kasus-kasus kredit UKM yang ada sekarang ini. Sehingga diharapkan para peserta training mendapatkan pengalaman baru. Dengan memiliki skill analisa kredit yang tajam maka pemberian kredit kepada debitur dapat terjamin pengembaliannya serta target kredit dapat dicapai tanpa mengurangi tingkat kualitas dari kredit yang diberikan.


Outline  :

Hari Pertama :

·         Knowledge Check (latihan soal pra-training)

·         Aspek-aspek dalam Analisa Kredit (6 C) Bahasan : aspek kualitatif dan aspek kuantitatif yang berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit. Termasuk kondisi krisis keuangan USA dan Eropa yang mungkin terimbas pada usaha calon debitur baik langsung/tidak langsung

·         Aspek-aspek dalam Analisa Kredit (6C) Lanjutan

·         Langkah-langkah dalam Analisa Kredit Bahasan : teknik sederhana, cepat, tapi efektif dalam menganalisa permohonan kredit calon debitur/debitur

·         Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dan Pemahaman Laporan Keuangan (Neraca, Laba Rugi, Cash Flow) Bahasan : teknik penyususan laporan keuangan calon debitur dengan memperhatikan omzet penjualan, cash flow, dan struktur permodalan calon debitur/debitur

 

Hari Kedua :

·         Case study : Pembuatan laporan keuangan sederhana

·         Rasio Keuangan dalam Analisa Kredit Bahasan : rasio-rasio keuangan yang dapat membantu dalam memutuskan permohonan kredit

·         Analisa Trends Laporan Keuangan Bahasan : teknik membuat dan menganalisa proyeksi laporan keuangan dengan mempertimbang berbagai macam hal yang dapat berdampak terhadap kelangsungan usaha calon debitut/debitur

·         Case Study dan Presentasi Kelompok


Who Should Attend :

Para karyawan di semua departemen yang berhubungan dengan kredit.

 

Trainer : Kurnia Hadi

Berlatar belakang ilmu perbankan dari Politeknik Universitas Indonesia dan ilmu manajemen dari FE Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman kerja di dunia perbankan di tiga bank multinasional lebih dari 19 tahun dengan spesialisasi Trade Finance, Corporate Banking, Personal Financial Services, Wealth Management, Personal Financial Services, Quality Assurance, dan Mikro Banking. Menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tingkat internasional “Commodity Trade and Finance World Asia 2012 di Marina Bay Sand hotel di Singapore pada tanggal 28-29 Maret 2012. Pendiri perusahaan konsultansi bisnis dan perdagangan “ PT Grajosa Resources”.


Strategi Meningkatkan Kredit UMKM

Hotel Menara Peninsula, Jakarta, 18 – 19 Agustus 2015

Training Fee : Rp. 4.250.000,-/Peserta


Training Description :

Sektor bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) khususnya perkreditan sekarang ini menjadi primadona perbankan di Indonesia. Terlebih Bank Indonesia sudah mengeluarkan PBI no. 14/22/PBI/2012 yang mewajibkan bank mengalokasikan kredit UMKM secara bertahap hingga tahun 2018 sampai dengan minimum 20% dari total kredit bank. Banyak bank-bank besar yang tidak memiliki pengalaman dalam memberikan kredit UMKM karena pangsa pasar mereka pada umumnya adalah nasabah korporasi.

 

Pelatihan ini akan memberikan wawasan, pengetahuan, dan best practices pemberian kredit kepada UMKM termasuk strategi analisa kredit, strategi marketing, strategi produk, dan strategi mencegah NPL (risk management).

 

Outline :

1.        Sektor UMKM

·         Kriteria nasabah UMKM menurut PBI No 14/22/PBI/2012; Peranan sektor UMKM dalam perekonomian nasional

2.        Strategi Produk

·         Produk-produk lending disesuaikan dengan target market dan profil calon debitur

3.        Strategi Marketing

·         Memasarkan produk lending mempertimbangkan aspek demografi, geografi, pendapatan per kapita dan resiko kredit sehingga mudah dipasarkan

4.        Strategi Mengelola Resiko Kredit Melalui Pendekatan Analisa Kredit

·         Aspek-aspek kualitifatif dan kuantitatif yang digunakan dalam analisa kredit calon debitur dengan resiko-resiko kredit yang terukur sehingga NPL bisa terjaga dengan baik

 

Who Should Attend :

Para Supervisor/Manajer bank umum & BPR bagian produk, marketing, analis kredit, collection, risk management

 

Training Method :

  • Concept (40 – 50%)
  • Kasus, diskusi kelompok dan presentasi.

 

Trainer  : Kurnia Hadi

Berlatar belakang ilmu perbankan dari Politeknik Universitas Indonesia dan ilmu manajemen dari FE Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman kerja di dunia perbankan di tiga bank multinasional (Korea Exchange Bank Danamon, Indonesia Dai-Ichi Kangyo Bank, HSBC) lebih dari 19 tahun dengan spesialisasi Trade Finance, Corporate & Institutional Banking, Wealth Management, Personal Financial Services, Payroll, Quality Assurance, dan Micro Banking. Menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tingkat internasional “Commodity Trade and Finance World Asia 2012 di Marina Bay Sand hotel di Singapore pada tanggal 28-29 Maret 2012.

 

Fasilitator Public dan In House Training untuk berbagai topic banking & finance, sales/marketing, operation, risk, dan management yang sudah membawakan puluhan kelas public dan in house training untuk perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Pendiri dan pemilik perusahaan konsultan bisnis, banking & finance “ PT Grajosa Resources”.


SOP Finance Berbasis Internal Control System

Hotel Menara Peninsula, Jakarta, 20 – 21 Agustus 2015,

Training Fee : Rp. 4.250.000,-/Peserta


Training Description :

Fungsi Keuangan dalam pengertian yang luas membutuhkan suatu system kerja yang terkait dengan pelaksanaan proses bisnis perusahaan secara keseluruhan.


Sistem kerja pada dasarnya mencerminkan suatu prosedur kerja yang didasari oleh adanya suatu system pengendalian internal (Internal Control System) yang diarahkan agar perusahaan dapat menjalankan praktek bisnis yang sehat dan benar.

 

Pencerminan system kerja secara keseluruhan dalam perusahan digambarkan dalam bentuk Standard Operating Procedure (SOP), dan dikembangkan oleh masing-masing fungsi dalam perusahaan secara parsial dan terintegrasi, antara lain : adanya SOP Pemasaran, SOP HRD and SOP Keuangan.


SOP Keuangan terkait dengan kegiatan kerja fungsi keuangan dan akuntansi, yang didalamnya berisikan strategi, kebijakan, pedoman, prosedur, instruksi kerja, checklist, dan dokumen yang mendukungnya, yang ada dalam keperluan fungsi keuangan untuk kepentingan operasi perusahaan secara keseluruhan.

 

Penyusunan SOP Keuangan pada dasarnya disesuaikan dengan fungsi keuangan dalam perusahaan sebagai supporting center, atau sebagai pusat pengendalian kegiatan perusahaan, dengan setiap fungsi akan berbeda tata cara penyusunan SOP-nya.

 

Tujuan dari adanya suatu SOP pada dasarnya untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas proses yang dilakukan oleh pihak-pihak dalam operusahaan berjalan secara efektif dan efisien, konsisten, standard an sistematis.


Maksud dan Tujuan Pelatihan :

·         Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menyusun SOP Keuangan sesuai kaidah penyusunan yang disesuaikan dengan system pengendalian internal.

·         Meningkatkan kemampuan dalam memahami pengertian Internal Control System sebagai suatu system kerja yang terintegrasi.

·         Meningkatkan pengetahuan dalam melihat peran dan fungsi SOP Keuangan secara komprehensif.

·         Meningkatkan pengetahuan peserta dalam mendiskusikan atau tukar pengalaman mengenai SOP Keuangan, termasuk juga dalam mengaplikasikannya dalam proses bisnis perusahaan.

 

Outline :

Pokok Bahasan :

1.       Overview : Internal Control System dan SOP secara umum maupun khususnya SOP Keuangan

2.       Understanding : Fungsi Keuangan dari sisi Treasurship dan Controllership

3.       Analisa Struktur Organisasi Perusahaan secara Keseluruhan dan Organisasi Fungsi Keuangan serta kegunaan Job Description.

4.       Analisa Hubungan : Strategi, Kebijakan, Pedoman/Ketentuan Teknis, Prosedur, Instruksi Kerja, Checklist, dan Dokumen.

5.       Mekanisme penyusunan SOP Keuangan.

6.       Analisa Tampilan SOP Keuangan.

7.       Contoh-Contoh SOP Keuangan

8.       Uji Coba, Monitoring, Revisi dan Approval SOP Keuangan.

 

Training Method :

Dilakukan secara classis, discussion, consultancy, dan pemecahan case study, ditambah dengan melihat berbagai contoh SOP Keuangan.

 

Who Should Attend :

Mereka yang terkait dengan Fungsi keuangan, akuntansi, audit, penanganan resiko, dan pengembangan usaha yang terkait manajemen proyek, serta lainnya yang berminat. Bahasan Pelatihan.

 

Trainer : Ir. Slamet Affandi, MBA

Praktisi Manajemen Akunting dan keuangan serta manajemen perusahaan dengan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Finance Director, Operational Director, Senior Manager dan Manager di beberapa perusahaan swasta nasional dan perusahaan konsultan. Aktif di Konsultan Management Asian Development Bank, Konsultan Management Inkindo dan merupakan Management Training Specialist di beberapa lembaga pelatihan.

 

Slamet afandi memperoleh gelar master of business administration dari IEU Institute of Management/Europan University majoring in Financial Controlling and Planning.


Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi 

Sdr. Markus,  Sdr. Helmi, Sdri. Natalia atau Sdri. Lala

Telp. : (021) 8690 3283 ; 0811 101 9811 ; 0819 4714 7881; 0812 2345 9811

E-mail : markus.mm29@gmail.com  / vika.seminar@indo.net.id  / vika-seminar@indo.net.id


Visit us Here


If you no longer wish to receive message from us, click here to unsubscribe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar