Selasa, 26 Agustus 2014

PROGRAM BALI : Effektif Leadership Skill, Advanced Secretary Development Program, Effektif Negotiation & Lobbying Skill

MARKSHARE Training

021-57932035 / 0858 9026 0140

2 Day Workshop Training :

Effective Leadership

How to Managing People Effectively

Hotel Bali Rani, Denpasar, 25 - 26 September 2014

 

 

MATERI

 

1.         Esensi pokok kepemimpinan: Mengapa saya menjadi pemimpin?

a.       Efektivitas kepemimpinan

b.      Trilogi kepemimpinan: yourself, others, us

c.       Refleksi mengapa saya menjadi pemimpin

 

2.         Empat peran pokok pemimpin

a.       Sebagai penentu arah

b.      Menjadi juru bicara organisasi

c.       Sebagai motivator dan pelatih tim

d.      Menjadi agen perubahan

 

3.         Kepemimpinan Situasional: (1): Directing dan Coaching

a. Pendekatan kepemimpinan situasional (empat karakter anak buah)

b. Memahami anak buah yang Pemula Antusias, (memiliki kemampuan rendah namun komitmen tinggi)

                   c. Kiat melakukan directing

                   d. Tiga cara melakukan coaching (perintah, mengarahkan/menuntun, mendorong /

memotivasi)

                   e. Kiat melakukan coaching

 

4.         Kepemimpinan Situasional (2): Supporting dan Delegating

a.       Pengaruh supporting dalam kepemimpinan

b.      Praktik supporting

c.       Langkah-langkah pendelegasian

d.      Perkakas (tools) untuk pendelegasian

e.       Praktik pendelegasian

 

5.         Membentuk kerjasama tim yang solid berbasis pada rasa saling percaya

                  a. Tiga macam tim: aligned, unaligned dan chaotic tim

                  b. Mengaudit kesatuan kelompok di organisasi

                  c. Peran pemimpin dalam membentuk tim

 

6.         Pemberdayaan dan memotivasi anak buah

                  a. Kiat memotivasi anak buah

                  b. Memberdayakan anak buah dengan memuji

                  c. Memberdayakan anak buah dengan menegur

                  d. Memberdayakan anak buah dengan mendelegasikan

 

7.         Membangun komunikasi yang tepat sasaran dan produktif

a.       Konteks komunikasi

b.      Tiga cara berkomunikasi: penglihatan, pendengaran dan perasaan

c.       Pemimpin sebagai komunikator organisasi

 

8.         Rencana masa depan kepemimpinan

a.       Menetapkan sasaran kepemimpinan

b.      Melaksanakan kepemimpinan

 

Fasilitator :

A.   M. Lilik Agung

 

ADVANCED SECRETARY DEVELOPMENT PROGRAM

Kiat Efektif Tingkatkan Kapasitas Diri dan Efektivitas Kerja Menuju Sekretaris Profesional

Hotel Bali Rani, Denpasar, 25 - 26 September 2014

 

Profesi sekretaris memegang peranan penting dalam mempermudah kegiatan manajerial perusahaan, apapun bidang usaha perusahaan tersebut. Kemampuan seorang sekretaris dari waktu ke waktu dituntut untuk semakin handal, baik dalam memahami diri sendiri, maupun orang lain terutama dalam menangani berbagai pekerjaan kantor setiap harinya. Workshop dua hari ini memberikan program pemantapan bagi orang yang telah memilih sekretaris sebagai profesinya.

Workshop interaktif ini dapat diikuti oleh sekretaris yang masih baru maupun yang telah cukup lama. Dalam forum public ini diharapkan pula peserta dapat saling berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sesama sekretaris dari berbagai industri. Hal ini akan sangat membantu dalam menjalani karir di tahun-tahun mendatang sebagai Sekretaris yang proffesional.

 

AGENDA TRAINING

Sesi 1 : Pengembangan Diri, Keahlian & Pilihan Jenjang Karir bagi Sekretaris Profesional

  • Memberikan wawasan & pemahaman sekretaris yang profesional dengan kompetensi, keahlian, pengetahuan.dan semangat kerja yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan dan tuntutan profesionalisme.
  • Bagaimana peranan seorang sekretaris dalam suatu perusahaan
  • Memahami konsep Service Excellent dengan model CARRE in 3C's agar dapat menjadi seorang sekretaris yang selalu energik & bahagia

Sesi 2 : Tehnik Komunikasi dan Negosiasi Efektif: Memahami Perilaku Atasan, Rekan Kerja, Supplier dan Pihak Eksternal Lainnya Guna Mendapatkan Kerjasama Penuh

  • Memahami cara berkomunikasi yang efektif dengan atasan, rekan kerja, dan eksternal.
  • Profesionalitas berkomunikasi dan membangun hubungan kerja dengan atasan dan organisasi perusahaan secara keseluruhan.
  • Menghadapi keluhan atasan / kolega melalui telepon.
  • Menggunakan telepon secara efesien untuk menyelesaikan keluhan atasan.

Sesi 3 : Bagaimana Mengelola Hubungan (Relationship) dengan Direksi dan Level Managerial serta Public Relation dengan Pihak Kunci Eksternal (Wartawan, Kepemerintahan, Tokoh Masyarakat, Birokrasi Umumnya)

  • Peserta diajarkan untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan mempergunakan teknik: Tiru, Samakan, Pimpin.
  • Komunikasi yang baik dan disenangi lawan bicara hanya dengan 5 menit pertama.
  • Mempelajari 5 bahasa tubuh utama yang harus diperhatikan saat berkomunikasi.
  • Peserta dapat menyampaikan maksud dan tujuan dengan efektif karena para peserta mengetahui bagaimana informasi masuk ke otak melewati tiga jalur utama: Visual, Auditory, dan Kinestetik.

Sesi 4 : Latihan: Keahlian Komunikasi yang Profesional ala NLP

  • Peserta memahami cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan telepon.
  • Peserta memahami cara bertelepon yang efektif baik telepon masuk dan telepon keluar.
  • Peserta dapat membuat script menggunakan telepon secara efektif dan lebih profesional.
  • Peserta mempelajari karakteristik suara dari setiap orang.

Sesi 5 : Manajemen Even Korporat bagi Sekretaris (Meeting, Sosialisasi, Launching, Gathering, Press Conference)

  • Peserta memahami mengenai desain dan bentuk-bentuk tata ruang untuk meeting, annual plan, RUPS, sosialisasi kegiatan perusahaan dan training.
  • Peranan seorang sekretaris menjadi MC dalam event perusahaan.

Sesi 6 : Manajemen Ruang Kerja Prinsio Dasar 5S ala Jepang (Lean Office)

·         Membahas tentang konsep 5 S, penerapannya di tempat kerja dan bagaimana sistem 5 S bekerja.

·         Memahami Makna Pilar Utama Seiri (Ringkas) dan Seiton (Rapi), Seiso (Resik) dan Shitsuke (Rawat).

·         Memahami Makna Pilar Utama Seiketsu (Rajin) dan Integrasi Kelima Pilar serta studi kasus (identifikasi dan peningkatan pemahaman)

Sesi 7 & 8 : Pengelolaan Dokumen & Filing Berdasarkan Sistem ALFRED

·         Sesi ini memberikan pengetahuan kepada para peserta perihal keterampilan dalam membuat rekap file dari berbagai dokumen- dokumen yang dikelolanya.

·         Dengan keterampilan melakukan rekap file tersebut para peserta diharapkan dapat dengan cepat menemukan filenya kembali pada saat atasan, rekan kerja, ataupun untuk kegiatan lain yang memerlukan file tersebut.

·         Keterampilan lain yang akan didapat dari sesi ini adalah para peserta dapat melakukan klasifikasi file, penilaian file, membuat Table ALFRED dari file yang mempermudah mereka menemukan filenya kembali, membedakan arsip dinamis dan arsip statis, membuat jadwal retensi dari file dan ketrampilan lainnya dalam mengelola file.

FASILITATOR :

NATAR ADRI

Beliau berpengalaman di bidang Warehouse & Office Management Departement pada suatu group perusahaan terkemuka di Indonesia. Selain itu beliau juga memiliki berbagai pengalaman di bidang Corporate Planning, Finance, Accounting, serta Marketing Support dam Training. Ia menguasai model Implementasi 5S System dan Production Management. Sebagai konsultan, Beliau juga berpengalaman dalam pembuatan Master Plan & Business Plan, yang salah-satunya ialah projek promosi pariwisata untuk kawasan Sabang.

 

                                                                              EFFEKTIF NEGOTIATION & LOBBYING SKILL
                                                                                    Hotel Bali Rani, Denpasar, 25 - 26 September 2014
 

Salah satu tugas penting dari para pemegang keputusan adalah mencapai kesepakatan dan persetujuan dengan pihak terkait, secara individu maupun sebagai wakil perusahaan. Kesepakatan tersebut meliputi berbagai hal, misalnya. Kesepakatan kerja, kesepakatan bisnis dan hal lainnya dari yang sangat serius maupun yang remeh temeh.

 

Untuk itu seorang pemegang keputusan harus mempertajam kompetensinya dalam melakukan negosiasi maupun lobby agar kesepakatan tersebut dengan mulus dapat dicapai. Workshop ini akan membahas secara rinci dan mudah di cerna mengenai teknik-teknik negosiasi dan lobby bagi para decision maker. Materi yang diberikan tidak hanya konsep tapi dipenuhi juga denga nrole-play dari yang sederhana maupun yang complicated serta game agar peserta dapat memahami bagaimana cara meng-implemantasikan berbagai konsep negosiasi maupun lobby yang diberikan.

Sasaran

  1. Peserta paham prinsip-prinsip negosiasi yang saling menguntungkan bagi pihak -pihak yang terlibat
  2. Peserta paham mengenai prinsip-prinsip dalam melaksanakan lobbying serta do and don't dalam melaksanakan lobbying
  3. Peserta menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
  4. Peserta mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi maupun dalam melaksanakan lobby-lobby ke pihak terkait.

MATERI

1. NEGOSIASI DAN LOBBYING DALAM BISNIS DAN AKTIFITAS PERUSAHAAN

·         Negosiasi dan Lobby dalam bisnis dan kegiatan perusahaan

·         Masalah dan tantangan dalam negosiasi dan Lobby

·         Hubungan antara Negosiasi dan Lobby

2. LOBBYING DAN NEGOSIASI

·         Kriteria sukses lobby & negosiasi

·         Konteks negosiasi

·         WIN-WIN Solution sebagai prioritas hasil negosiasi

3. UNSUR-UNSUR POKOK DALAM SUKSES NEGOSIASI

·         Kunci sukses negosiasi

·         Point of negotiation dan hakekat konsesi

·         Effective negotiation Proccees

4. KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM NEGOSIASI & LOBBYING

·         Komunikasi persuasive sebagai kunci sukses negosiasi

·         Active listening technique in negotiation & lobby

·         Mengatasi hambatan komunikasi dalam lobby & negosiasi

5. PRINSIP DAN TEKNIK NEGOSIASI

·         5 Prinsip sukses untuk bernegosiasi

·         Teknik dan strategi negosiasi

·         Teknik membaca taktik dan teknik lawan negosiasi

 6. PRINSIP-PRINSIP LOBYING

·         Lobbying dan Lobbyist

·         Prinsip dasar dan tujuan dari Lobby

·         Etika dalam melakukan Lobbyi

7. PRAKTEK & IMPLEMENTASI NEGOSIASI DAN LOBBY

8. BAGAIMANA MENINDAKLANJUTI HASIL NEGOSIASI

9. GOOD PROBLEM SOLVER

10. 3 ELEMENT UTAMA DALAM NEGOSIASI

·         Time

·         Information / Knowledge

·         Power

METODA PELATIHAN

·         Diskusi Konsep

·         Games

·         Role-Play

Fasilitator :

Elyus Lanin

adalah Konsultan senior yang sudah malang melintang dalam bidang  pelatihan dan konsultasi. Pernah  bergabung di lembaga manajemen PPM darith 1984 hingga 1990. Sarjana Geografi Universitas Indonesia ini, sebelum memperoleh gelar Msi dari UI, lebih dulu pernah mengikuti  Program Wijawiyata Manajemen di PPM Jakarta. Mengawali karir sebagai Instruktur pada suatu lembaga konsultan sehingga telah banyak mendampingi berbagai perusahaan untuk pelatihan management maupun konsultansi SDM. Lulusan S2 Komunikasi UI ini telah mempunyai jam terbang mengajar yang cukup tinggi diantaranya : PT Indosat Tbk, PT IPTN,PT Telkom Tbk.,PT Aplikanusa Lintasarta,PT Telkomsel,PT Samudera Indonesia,PT Excelcomindo Pratama, PT Charoen Pokphand, Bank Indonesia,PT Unilever,Bank

 
Informasi & Pendaftaran
D.Sari Effendi
MarkShare training
gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056
P : (021) 5793 2035
F : (021) 5793 1773
M : 0858 9026 0140
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar