Kamis, 26 Juni 2014

SOP LIFECYCLE

Kepada Yth,

Bapak/Ibu

Ditempat

 

Berikut ini kami informasikan program training kami, yaitu :

  

MARKSHARE Training

Call Us : 021 5793-2035

0858 9026 0140

  Hadiri dan ikuti :

 1 Day Training Program

                                      

SOP Lifecycle

Standard Operating Procedures Lifecycle

22 Juli 2014

 

Mengapa seringkali SOP di tempat kerja menjadi counter-productive? Ada tetapi tidak digunakan, ada tetapi pengguna ragu-ragu apakah berisi panduan yang updated, ada tetapi diletakkan di lemari yang terkunci?

SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.

 

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauhmana ia memberi nilai tambah b) sejauhmana ia dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

 

 Pelatihan dua  hari SOP Lifecycle membuat perusahaan/organisasi menjalankan proses bisnisnya lebih efektif dan efisien. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat mengendalikan, merevisi dan memantau dalamsebuah siklus-SOP Lifecycle.

 

Outline

1.      Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja
SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000
Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai filosofi SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000.
         


2.      SOP Lifecycle       
Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle

3.      Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis
Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be.     


4.      SOP Tehnis v.s SOP Administratif
Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut.
 

5.      Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video
Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian)
           


6.      Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP    
Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll)

7.      Menentukan dan memilih  tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do.      
SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda dan untuk pengguna yang berbeda juga—setidaknya Pengguna pemula dan Pengguna ahli, seringkali Pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan Pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. Pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman           


8.      Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui.       
Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis.

9.      Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll.     
Dengan template yang disediakan oleh fasilitator, peserta diajak berlatih membuat SOP operasional, latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi

 

Pembicara

Ady A. Subagya 

adalah seorang praktisi standar mutu Internasional. Konsultan manajemen mutu ISO 9000, 14000, OHSAS 18001 dan telah membantu puluhan organisasi dalam merancang ulang business process, prosedur dan instruksi kerja. Ady adalah seorang praktisi standar mutu Internasional. Ady A Subagya telah bersertifikat dari IRCA UK (ISO/TS 16949, ISO 9000 dan OHSAS 18001). Sebelum membentuk entiti bisnis sendiri, Ady bekerja di Daimler Chrysler dan Siemens Lighting

                                                

                                            Get Efficient Package For Inhouse Training !
Untuk permintaan inhouse training dalam topic diatas ataupun topic lainnya, silahkan hubungi kami.

Training Fee :

Rp. 2.950.000,- (Full Fare)

 Informasi & Registrasi  & SPECIAL PRICE :

MARKSHARE Training

021 5793-2035

sari@marksharetraining.co.id

www.marksharetraining.co.id

 

 

Jadwal Training Running : Juli - Agustus 2014

No

Tanggal Pelaksanaan

Topik Training

Fasilitator

 

30 –1 Juli 2014

Strategic Vendor Management

Deny Danasenjaya.

 

30 Juni – 1 Juli 2014

Negotiation for Purchasing

Rahmat Noviandi

 

3 Juli 2014

Powerpoint Do More

Ady A. Subagya

3 – 4 Juli 2014

Mastering Excel 2010 for Office Processing Data Automation

Erawan Supriatna

    10 - 11 Juli 2014           

Technical Report Writing

Natar Adri

 

10 – 11 Juli 2014

Proffesional General Affairs

Sih Hartono SE.

14 – 15 Juli 2014

Financial Statement Analysis

Slamet Affandi

14 – 15 Juli 2014

Advanced Selling Skill

Antonius Karya

14 -1 5 Juli 2014

Training Need Analysis

Dianti Arudi

15 – 16 Juli 2014

Core Competencies To Be A Super Secretary

Carlina Agnes Patuwo

16 – 17 Juli 2014

Strategic Business Plan & Budgeting Control

Natar Adri

17 Juli 2014

Balanced Scoredcard Step by Step

Ady Subagya

17 – 18 Juli 2014

E-Filing Implementation with RMS&EFS Method based on Document Regulation

Erawan Supriyatna,S.Kom

17 – 18 Juli 2014

Finance for non Finance Executive

                      Jaka Wasana

21 – 22 Juli 2014

Effective Negotiation & Lobbying Skill

Elyus Lanin

 

21 – 22 Juli 2014

Review PPh Badan

Abdul Rahim

 

12 – 13 Agustus 2014

Public Relation In Changing Era

Safik Basri Assegaf

 

14 – 15 Agustus 2014

Extraordinary Jurnalism For Corporate Website

P. Hasudungan Sirait

14 – 15 Agustus 2014

Finance for non Finance Executive

Jaka Wasana

 

19 – 20 Agustus 2014

Negotiaton Power For Purchasing

Rahmat Noviandi

 

19 - 20 Agustus 2014

Coaching & Conseling

Lilik Agung

 

20 – 21 Agustus 2014

Powerpoint Do More

Ady A. Subagya

 

20 – 21 Agustus 2014

Forecasting & Budgeting

Jaka Wasana

 

21 – 22 Agustus 2014

Handling Complaint & Difficult Customer

Antonius Karya

 

21 – 22 Agustus 2014

Supply Chain Management

Deny Danasenjaya

 

26 – 27 Agustus 2014

Best Practice Warehouse Management

Deny Danasenjaya

 

26 – 27 Agustus 2014

Tata kelola Kantor, Dokumen/Surat & Inventaris Kantor

Natar Adri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SARI

markshare training

gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056

P : (021) 5793 2035

F : (021) 5793 1773

M : 0858 9026 0140

E : sari@marksharetraining.co.id

        sari@marksharetraining.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar