Selasa, 10 Juni 2014

TECHNICAL REPORT WRITING : Menerapkan Gaya Kolaboratif & konsultatif

Kepada Yth,

Bapak/Ibu

Ditempat

 

Berikut ini kami informasikan program training kami, yaitu :

  

MARKSHARE Training

Call Us : 021 5793-2035

0858 9026 0140

  Hadiri dan ikuti :

2 Day Training Program

TECHNICAL REPORT WRITING

 Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif

10 - 11 Juli 2014

 

Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode.

 

Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis.

1.      Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas.

2.      Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon.

3.      Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview.

4.      Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel.

5.      Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif.

 

Seusai pelatihan para peserta akan memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya.

 

Target Peserta: Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif.

 

AGENDA PELATIHAN

Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif

·         Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.

·         Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.

·         Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.

·         STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.

·         LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan

 

Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus

·         Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.

·         STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining

 

Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat

·         Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.

·         Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.

• Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.

• STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya.

• LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.

 

Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami

• Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.

• Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT.

• Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.

• Membatasi penggunaan jargon.

• STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.

• STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.

• LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.

 

Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung

• Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.

• Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.

• Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).

• LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.

• LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.

 

Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan

• Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.

• Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.

• Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.

• STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.

• LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan

 

Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi

• Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.

• Membahas penggunaan alat bantu (xmind).

• SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).

• SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.

 

Fasilitator :

NATAR ADRI

Natar Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management & Retirement Planning.

 Get Efficient Package For Inhouse Training !

 

Untuk permintaan inhouse training dalam topic diatas ataupun topic lainnya, silahkan hubungi kami.

Training Fee :

Rp. 3.750.000,- (Full Fare)

 Informasi & Registrasi  & SPECIAL PRICE :

MARKSHARE Training

021 5793-2035

sari@marksharetraining.co.id

www.marksharetraining.co.id

 

 

Jadwal Training Running : Juni - Agustus 2014

No

Tanggal Pelaksanaan

Topik Training

Fasilitator

 

10 - 11 Juni 2014

Mastering Excel 2010 For office Data processing System

Erawan Supriyatna,S.Kom.

 

12 - 13 Juni 2014

Best Practice Supply Chain Management

Deny Danasenjaya

 

16 - 17  Juni 2014

Extraordinary Journalism For Corporate Website

Her Suharyanto

 

18 – 19  Juni 2014

Powerfull Database Analysis & Dashboard reporting Using Excel

Erawan Supriyatna,S.Ko

 

19 Juni 2014

Balance Score Card Step by Step

Ady A. Subagya.

19 – 20 Juni 2014

Handling Complain & Difficult Customer ( Bandung )

Natar Adri

 

19 – 20 Juni 2014

Establishing SOP with KPI

Eko Supriyatno

 

20 – 21 Juni 2014

Corporate Journalism

P. hasudungan Sirait

20 – 21 Juni 2014

Professional Debt Collection Skills

Antonius karya

 

23 - 24 Juni 2014

Human Resources Management

Antonius Karya

 

24 – 25 Juni 2014

Advenced Selling Skill

Natar Adri SE, MM.

25 - 26 Juni 2014

Managing Office, Kaizen 5S, and Filing System

Natar Adri

 

30 –1 Juli 2014

Strategic Vendor Management ( Bandung )

Deny Danasenjaya.

 

30 Juni – 1 Juli 2014

Negotiation for Purchasing

Rahmat Noviandi

 

3 Juli 2014

Powerpoint Do More

Ady A. Subagya

10 - 11 Juli 2014           
Technical Report Writing
Natar Adri

 

10 – 11 Juli 2014

Proffesional General Affairs

Sih Hartono SE.

14 – 15 Juli 2014

Financial Statement Analysis

Slamet Affandi

15 – 16 Juli 2014

Core Competencies To Be A Proffesional Secretary

Carlina Agnes Patuwo

16 – 17 Juli 2014

Business Plan

Natar Adri

17 – 18 Juli 2014

E-Filing Implementation with RMS&EFS Method based on Document Regulation

Erawan Supriyatna,S.Kom

17 – 18 Juli 2014

Finance for non Finance Executive

                        Jaka Wasana

21 – 22 Juli 2014

Effective Negotiaton & Lobbying Skill

Elyus Lanin
 

21 – 22 Juli 2014

Review PPh Badan

Abdul Rahim
 

12 – 13 Agustus 2014

Public Relation In Changing Era

Safik Basri Assegaf
 

14 – 15 Agustus 2014

Extraordinary Jurnalism For Corporate Website

P. Hasudungan Sirait
 

19 – 20 Agustus 2014

Negotiaton Power For Purchasing

Rahmat Noviandi
 

19 - 20 Agustus 2014

Coaching & Conseling

Lilik Agung
 

20 Agustus 2014

Powerpoint Do More

Ady A. Subagya
 

20 – 21 Agustus 2014

Forecasting & Budgeting

Jaka Wasana
 

21 – 22 Agustus 2014

Handling Complaint & Difficult Customer

Antonius Karya
 

21 – 22 Agustus 2014

Supply Chain Management

Deny Danasenjaya
 

26 – 27 Agustus 2014

Best Practice Warehouse Management

Deny Danasenjaya
 

26 – 27 Agustus 2014

Tata kelola Kantor, Dokumen/Surat & Inventaris Kantor

Natar Adri

 

SARI

markshare training

gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056

P : (021) 5793 2035

F : (021) 5793 1773

M : 0858 9026 0140

E : sari@marksharetraining.co.id

        sari@marksharetraining.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar