Kepada Yth,
Bapak/Ibu
Ditempat
Berikut ini kami informasikan program training kami, yaitu :
MARKSHARE Training Call Us : 021 5793-2035 0858 9026 0140 | |
Hadiri dan ikuti : 2 Day Training Program | |
Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode.
Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis. 1. Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas. 2. Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon. 3. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview. 4. Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel. 5. Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif.
Seusai pelatihan para peserta akan memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya.
Target Peserta: Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif.
AGENDA PELATIHAN Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif · Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan. · Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan. · Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya. · STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor. · LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan
Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus · Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing. · STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining
Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat · Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias. · Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif. • Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas. • STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya. • LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.
Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami • Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan. • Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT. • Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”. • Membatasi penggunaan jargon. • STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan. • STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan. • LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.
Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung • Memahami proses penerimaan informasi melalui otak. • Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview. • Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel). • LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games. • LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.
Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan • Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi. • Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel. • Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan. • STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan. • LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan
Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi • Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis. • Membahas penggunaan alat bantu (xmind). • SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary). • SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.
Fasilitator : NATAR ADRI Natar Adri memperoleh pasca sarjananya di bidang Manajemen dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah turut serta mengembangkan sumber daya manusia dan membangun Departement Marketing Support & Training di Prudential BancBali. Natar Adri juga ikut membuat Master Plan & Business Plan, serta melakukan project promosi pariwisata untuk kawasan Sabang. Sebagai seorang konsultan, ia telah terlibat dalam berbagai proyek pengembangan keahlian SDM, antara lain pada topik-topik Accounting & Business Banking, Handling Customer & Complaints, Office & Filing Management, serta Financial Management & Retirement Planning. | |
Training Fee : Rp. 3.750.000,- (Full Fare) Informasi & Registrasi & SPECIAL PRICE : MARKSHARE Training 021 5793-2035 |
Jadwal Training Running : Juni - Agustus 2014 | |||
No | Tanggal Pelaksanaan | Topik Training | Fasilitator |
| 10 - 11 Juni 2014 | Mastering Excel 2010 For office Data processing System | Erawan Supriyatna,S.Kom. |
| 12 - 13 Juni 2014 | Best Practice Supply Chain Management | Deny Danasenjaya |
| 16 - 17 Juni 2014 | Extraordinary Journalism For Corporate Website | Her Suharyanto |
| 18 – 19 Juni 2014 | Powerfull Database Analysis & Dashboard reporting Using Excel | Erawan Supriyatna,S.Ko |
| 19 Juni 2014 | Balance Score Card Step by Step | Ady A. Subagya. |
19 – 20 Juni 2014 | Handling Complain & Difficult Customer ( Bandung ) | Natar Adri | |
| 19 – 20 Juni 2014 | Establishing SOP with KPI | Eko Supriyatno |
| 20 – 21 Juni 2014 | Corporate Journalism | P. hasudungan Sirait |
20 – 21 Juni 2014 | Professional Debt Collection Skills | Antonius karya | |
| 23 - 24 Juni 2014 | Human Resources Management | Antonius Karya |
| 24 – 25 Juni 2014 | Advenced Selling Skill | Natar Adri SE, MM. |
25 - 26 Juni 2014 | Managing Office, Kaizen 5S, and Filing System | Natar Adri | |
| 30 –1 Juli 2014 | Strategic Vendor Management ( Bandung ) | Deny Danasenjaya. |
| 30 Juni – 1 Juli 2014 | Negotiation for Purchasing | Rahmat Noviandi |
| 3 Juli 2014 | Powerpoint Do More | Ady A. Subagya |
10 - 11 Juli 2014 | Technical Report Writing | Natar Adri | |
| 10 – 11 Juli 2014 | Proffesional General Affairs | Sih Hartono SE. |
14 – 15 Juli 2014 | Financial Statement Analysis | Slamet Affandi | |
15 – 16 Juli 2014 | Core Competencies To Be A Proffesional Secretary | Carlina Agnes Patuwo | |
16 – 17 Juli 2014 | Business Plan | Natar Adri | |
17 – 18 Juli 2014 | E-Filing Implementation with RMS&EFS Method based on Document Regulation | Erawan Supriyatna,S.Kom | |
17 – 18 Juli 2014 | Finance for non Finance Executive | Jaka Wasana | |
21 – 22 Juli 2014 | Effective Negotiaton & Lobbying Skill | Elyus Lanin | |
| 21 – 22 Juli 2014 | Review PPh Badan | Abdul Rahim |
| 12 – 13 Agustus 2014 | Public Relation In Changing Era | Safik Basri Assegaf |
| 14 – 15 Agustus 2014 | Extraordinary Jurnalism For Corporate Website | P. Hasudungan Sirait |
| 19 – 20 Agustus 2014 | Negotiaton Power For Purchasing | Rahmat Noviandi |
| 19 - 20 Agustus 2014 | Coaching & Conseling | Lilik Agung |
| 20 Agustus 2014 | Powerpoint Do More | Ady A. Subagya |
| 20 – 21 Agustus 2014 | Forecasting & Budgeting | Jaka Wasana |
| 21 – 22 Agustus 2014 | Handling Complaint & Difficult Customer | Antonius Karya |
| 21 – 22 Agustus 2014 | Supply Chain Management | Deny Danasenjaya |
| 26 – 27 Agustus 2014 | Best Practice Warehouse Management | Deny Danasenjaya |
| 26 – 27 Agustus 2014 | Tata kelola Kantor, Dokumen/Surat & Inventaris Kantor | Natar Adri |
SARI
markshare training
gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056
P : (021) 5793 2035
F : (021) 5793 1773
M : 0858 9026 0140
Tidak ada komentar:
Posting Komentar