Jumat, 15 Mei 2015

(1) Project Management Using Microsoft Project Application (2) Procurement Berdasarkan PTK 007 Rev-3 dan TKDN pada industri Pertambangan, Oil & Gas

Kepada Yth. Bapak / Ibu 

Berikut kami informasikan 2 (dua) topik program training yang akan kami selenggarakan di Jakarta; Confirm  Running :

 

DATE

TOPIC TRAINING

VENUE

EARLY BIRD FEE

1 – 2 Juni

Project Management Using Microsoft Project Application

Menara Peninsula Hotel, Jakarta

Rp.  3.750.000,-

4 – 5 Juni

Procurement Berdasarkan PTK 007 Rev-3 dan TKDN pada industri  pertambangan, oil & gas

Menara Peninsula Hotel, Jakarta

Rp.  3.750.000,-

 

Untuk Syllabus lengkap, dan pendaftaran :

Hubungi kami di nomor telepon : 021 – 5793 2035 / 08561044530


PROJECT MANAGEMENT USING MICROSOFT PROJECT APPLICATION

Harris Hotel Tebet, Jakarta 4 - 5  Juni  2015

Early Bird Fee : Rp. 3.750.000,-/person (payment 1 week before training)


Training Description :

Tujuan Pelatihan :

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan akan :

·         Memperoleh pengetahuan Metodologi Manajemen Proyek berdasarkan The Project Management Body of Knowledge (PMBOK) 5th edition 2013 – PMI, USA

·         Memiliki skill penggunaan Microsoft Project ( versi 2007 dan/atau 2010) mulai dari level dasar sampai ke level menengah setelah mendapatkan bimbingan secara Hands-on approach dari trainer yang berpengalaman dan bersertifikasi Internasional di bidang Project Management dan Microsoft Project

·         Mengetahui penggunaan PM Toolkit yang berisi bahan pelatihan, referensi, proses-proses Manajemen Proyek dan Template-template berdasarkan PMBOK 5th Edition 2013 – PMI, USA 

·         Mendapatkan pengalaman ikut serta dalam Studi Kasus Proyek per group  selama sesi Class-room Simulation/Case Study

 

Manfaat Pelatihan :

·         Semua peserta akan mendapatkan PROJECT MANAGEMENT (PM) TOOLKIT dalam bentuk format softcopy yang berisi Materi Pelatihan, Referensi, Proses da template, contoh-contoh Studi Kasus untuk Proyek-proyek Teknologi Informasi dan Proyek-proyek Non Teknologi Informasi seperti  Proyek Konstruksi, Manufaktur, Pertambangan/Perminyakan/Gas, dan lainnya)

·         Pelatihan ini akan difasilitasi oleh Trainer yang berpengalaman dan bersertifikasi Internasional di bidang Manajemen Proyek dan Microsoft Project. Juga Trainer akan memfasilitasi dengan pendekatan Hands-on dalam sesi Studi Kasus Proyek

·         Para peserta akan mendapatkan skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 dengan bimbingan dari trainer yang berpengalaman dan trampil

  

Outline :

1.       Dasar-dasar Manajemen Proyek dan Overview PMBOK 5th edition 2013

o    Memahami definisi proyek

o    Segitiga Manajemen Proyek: Waktu, Biaya, dan Scope

o    Mengelola 3 (tiga) konstrain dari Proyek

o    Mengelola proyek menggunakan Microsoft Project

o    Overview Metodologi Manajemen Proyek berdasarkan  Project Management Body of Knowledge (PMBOK)

o    Proses dan template dari Manajemen Proyek

o    Simulasi penyusunan dokumen Project Plan menggunakan contoh studi kasus Proyek 

o    Latihan dan Diskusi

2.       Mulai menggunakan Microsoft Project (Versi 2007/2010)

o    Mulai menggunakan Microsoft Project

o    Template-template

o    Views Reports

o    Calendars

o    Membuat daftar kegiatan

o    Durasi dan Milestone

o    Mengorganisir dalam Phase-phase

o    Melakukan Setting up Sumber Daya

o    Orang

o    Peralatan

o    Bahan

o    Latihan dan Diskusi

3.       Menyusun dokumen Project Work Plan

Setelah scope proyek dikembangkan dan disetujui, selanjutnya project manager bekerja bersama timnya menyusun dokumen  project work plan. Disini, kita akan melakukan analisa dan pengecekan terhadap Work Breakdown Structure (WBS), Work Package-Work Package, dan Phase-phase proyek.

o    Membuat  Work Breakdown Structure (WBS)

o    Melakukan Prototyping dan Piloting

o    Menggunakan Work Package Dictionary untuk membangun kualitas ke dalam proyek

o    Komponen work package yang berhasil di lingkungan Teknologi Informasi

o    Mengidentifikasi Phase-phase proyek untuk menyakinkan dukungan manajemen

4.       Biaya dan Anggaran Proyek

o    Rumus Biaya

o    Menganalisa Biaya Total

o    Metoda-metoda Cost Accrual

o    Tabel Rate Biaya Sumber Daya

o    Biaya-biaya tetap yang bersifat Multiple

o    Cost Resources

o    Analisa Earned Value

5.       Penjadwalan Proyek tingkat lanjut

o    Fine-Tuning Detail kegiatan-kegiatan

o    Fine-Tuning Detail Sumber daya dan Penugasan

o    Fine-Tuning Dokumen Project Plan

6.       Pelaksanaan Proyek 

o    Metode Jalur Kritis/Critical Path

o    Baselines, Rolling Baselines, Multiple Baselines dan Rencana-rencana Interim 

o    Melakukan Tracking Progress Proyek

7.       Hal-hal khusus tentang Proyek

o    Mengaplikasika Formatting tingkat lanjut

o    Melakukan kustomisasi Proyek

o    Kustomisasi Toolbar

o    Mengukur kinerja proyek menggunakan  Earned Value Analysis

o    Indikator-indikator Jadwal 

o    Indikator-indikator Biaya

8.       Melakukan Konsolidasi Proyek-proyek dan Sumber Daya

o    Pool Sumber Daya

o    Rencana-rencana yang dishare

o    Menghubungkan Rencana Proyek yang baru ke Pool Sumber Daya

o    Melakukan Konsolidasi Rencana-rencana Proyek

o    Membuat Dependensi antar Proyek-Proyek

9.       Melakukan Pelaporan Proyek

o    Views

o    Reports

o    Visual Reports

10.   Penutupan Proyek 

o    Membatalkan kegiatan-kegiatan yang tak perlu 

o    Memasukkan data aktual 

o    Melakukan setting remaining Milestones to complete 

o    Melakukan save project sebagai sebuah template

 

NOTE  : PESERTA DIWAJIBKAN MEMBAWA LAPTOP.

 

Fasilitator : Ir. Muhammad Tavip, MPM, Cert.HR (US-Based).

 

Training Fee  :

·         Rp. 4.000.000,-/Person; (Full Fare).

·         Rp. 3.500.000,-/Person; (Early Bird Fee : REG 2 week before training; payment 1 week before training).

·         Rp. 3.250.000,-/Person; (Groups : REG for 3 person/more; payment 1 week before training).

·         Inc : Seminar Kit, Certificate, Lunch, Snack & Souvenir.


PROCUREMENT BERDASARKAN PTK 007 REV - 3 DAN TKDN PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN , OIL & GAS

Harris Hotel Tebet, Jakarta  4 – 5 Juni  2015

Early Bird Fee : Rp. 3.750.000,-/person (payment 1 week before training)


Training Description :

Seperti diketahui PTK 007 revisi III tahun 2014 yang tengah di sosialisasikan SKK Migas ke kalangan pelaku usaha baru-baru ini, akan berlaku  efektif 27 Maret 2015. Jika sebelumnya Pedoman Tata Kerja Pengelolaan Rantai Supply mengacu pada surat Keputusan No. KEP 0066/SKK0000/2013/S0, maka selanjutnya para pelaku bisnis industri hulu migas perlu memahami acuan baru yang telah di tetapkan.

 

Para pelaku bisnis industri migas mengapresiasi kebijakan ini untuk memberdayakan  perusahaan dan perbankan dalam negeri, terjun kedalam industri hulu migas. Dalam perusahaan yang bergerak di bidang hulu minyak dan gas bumi. PTK menjadi  acuan di dalam pengelolaan rantai suplai dan kontraktor kontrak kerjasama yang dikeluarkan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu minyak dan gas bumi (SKK MIGAS).

 

Revisi PTK 007 bertujuan untuk mempercepat dan menyederhanakan proses tender transaksi melalui bank BUMN meningkatkan penggunaan sumber dalam negeri serta penerapan akuntabilitas pelaku  pengadaan barang/ Jasa. Kebijakan atas perubahan ini diharapkan dapat membawa prosespengadaan di industri hulu migas menjadi berkembang ke arah yang lebih baik.

 

Manfaat Pelatihan :

·         Memahami bagaimana cara untuk ikut berperan dalam tender di lingkungan Kontraktor Kontrak Kerja Sama(KKKS).

·         Peserta lebih memahami manfaat yang diperoleh dengan menerapkan PTK 007 Buku Kedua Revisi-3 (Pasca PTK 007 Revisi-2).

·         Peserta memahami perbedaan mendasar PTK 007 dan Revisi-2 dan Revisi-3.

·         Memahami bagaimana cara mengimplementasikannya.

·         Bagaimana mengaplikasikan PTK Revisi-3 di dalam manajemen resiko yang dapat berdampak ke cost recovery.

  

Outline :

1.       Prinsip Pedoman Tata Kerja Pengelolaan Rantai Supply pada Industri Hulu Migas.

2.       Ruang Lingkup Pengaturan Pengelolaan Rantai Supplu.

3.       Surat Keputusan No. KEP 0018/SKK00000/2015/S0 Tentang Pedoman Tata Kerja  Pengelolaan Rantai Supply Buku kedua Revisi-3 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa.

4.       Urgensi Revisi Pedoman Proses Pengadaan.

5.       Tanggungjawab KKKS.

6.       Manfaat pasca Revisi dari sisi Operasional Pengadaan.

7.       Proses pengadaan yang melibatkan kegiatan drilling offshore dan swamp.

8.       Tahapan dan Tata Cara Pelelangan Umum.

9.       Mekanisme pemilihan langsung atau penunjukan langsung oleh KKKS.

10.    Kewenangan Pihak-pihak terkait dalam Proses Pengadaan Barang/Jasa.

11.    Pengelolaan Kontrak Migas.

12.    Pengawasan terhadap pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa.

13.    Audit KKKS dan Audit Vendor oleh Auditor Independen.

14.    Peningkatan kontribusi vendor dan produk lokal dalam memenuhi kebutuhan industri hulu migas.

15.    Kesehatan, Keselamatan Lingkungan Kerja dan Lindungan Lingkungan.

16.    TKDN :

·         Kebijakan/peraturan TKDN di Indonesia.

·         Konsep dasar perhitungan TKDN sesuai dengan peraturan yang berlaku.

·         Praktekkan penghitungan TKDN dengan mengisikan biaya ke dalam form TKDN.

·         Pengisian Formulir TKDN Penawaran dalam lelang, yaitu Form SC-12A (untuk Lelang Barang), Form SC-12B (untuk Lelang Jasa) dan Form SC-12C (untuk Lelang Gabungan Barang dan Jasa).

·         Penghitungan Harga Evaluasi Akhir suatu lelang berdasarkan nilai TKDN yang ditawarkan.

·         Sanksi finansial suatu kontrak yang disebabkan oleh nilai TKDN yang tidak terpenuhi Perbedaan peraturan TKDN dalam Pedoman Tata Kerja Pengelolaan Rantai Suplai Kontraktor Kontrak Kerja Sama BP Migas No. PTK 007 Revisi I tahun 2009 dan No. PTK 007 – Revisi II tahun 2011 serta Peraturan Menteri Perindustrian No. 15 dan 16/2011Ho.

 

WHO  SHOULD  ATTEND :

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para karyawan/pegawai yang bekerja di divisi pengadaan barang dan jasa di perusahaan, panitia lelang, departemen Quality Control, atau personel yang terkait dengan fungsi penerapan TKDN di institusi / perusahaan.

 

Fasilitator : IR. SUTARNO & TEAM

Senior Procurement & Supply Chain Specialist  Senior Analyst & Consultant.

 

Training Fee  :

·               Rp. 4.150.000,-/Person; (Full Fare).

·               Rp. 3.650.000,-/Person; (Early Bird Fee : REG 2 week before training; payment 1 week before training).

·               Rp. 3.350.000,-/Person; (Groups : REG for 3 person/more; payment 1 week before training).

·               Inc : Seminar Kit, Certificate, Lunch, Snack & Souvenir.


 

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi :

Sdr. Eby atau Sdr. Sari

Telp. : (021) 5793 2035 / 0856 1044 530

E-mail : eby.markshare@gmail.com / eby@marksharetraining.co.id

Visit us at : www.marksharetraining.co.id


If you no longer wish to receive message from us, click here to unsubscribe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar