Senin, 26 Maret 2018

Almost Running : Technical Report Writing ; Problem Solving & Decision Making

 

 

MARKSHARE Training

We Provide Workshop & Training

Call Us :

Elizia (Ms)

0821 2256 4094 / 021- 57932035

elizia@marksharetraining.co.id / laurenciaelizia@gmail.com

www.marksharetraining.co.id

 

 

 

Yth,

Bapak / Ibu

HRD Manager

Training & Development Manager

kami Markshare Training , ingin menginformasikan bahwa kami akan menyelenggarakan training sebagai berikut :

 

Technical Report Writing

Jakarta, 24 – 25 April 2018

               

Problem Solving & Decision Making

Jakarta, 26 – 27 April 2018

AGENDA PELATIHAN

 

Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif

·         Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.

·         Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.

·         Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.

·         STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.

·         LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan

 

Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus

·         Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.

·         STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining

 

Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat

·         Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.

·         Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.

·         Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.

·         STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta     dampaknya.

·         LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.

 

Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami

·         Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.

·         Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT.

·         Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.

·         Membatasi penggunaan jargon.

·         STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.

·         STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.

·         LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.

 

Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung

·         Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.

·         Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.

·         Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).

·         LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.

·         LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.

Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan

·         Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.

·         Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.

·         Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.

·         STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.

·         LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan

 

Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi

·         Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.

·         Membahas penggunaan alat bantu (xmind).

·         SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).

·         SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.

 

MATERI PELATIHAN

Hari Pertama :

CREATIVE PROBLEM SOLVING AND SHARP DECISION MAKING  

v  Memahami tentang penyelesaian masalah dan menganalisa akar permasalahan.

·         Mengapa analisa akar permasalahan yang efektif sangat penting dilakukan.

·         Beberapa kesamaan dalam meyelesaikan masalah dan kelemahan-kelemahan yang terjadi.

·         Lima langkah menganalisa akar sebuah permasalahan.

·         Melihat apakah sudah sesuai dengan standarisasi kerja yang sudah ada.

·         Apakah  setiap langkah bisa diadaptasi dengan cepat dan  cara tersebut  bisa untuk diaplikasikan.

 

v  Bagaimana memahami langkah antisipasi dan membangun sebuah pondasi untuk kepentingan analisa.

·         Beberapa bentuk  diagram untuk memperjelas  proses

·         Kekuatan brainstorming

·         Mencari sumber lain untuk mencari kemungkinan ide-ide.

·         Kreatifitas dalam menganalisa.

·         Mengurangi daftar melalui teknik penjumlahan kelompok, pengambilan suara, data pembandingan dan matrik. 

 

v  Berpikir kreatif dan menentukan jalan keluar yang tepat

·         Melakukan proses kreatifitas sesuai dengan kebutuhan Menetapkan sasaran dalam menyelesaikan sebuah masalah dengan mengidentifikasi kasus-kasus yang paling mudah

·         Lembar pengecekan dan grafik untuk melakukan menentukan data mana yang akan dipergunakan.

·         Melihat langsung, wawancara dan observasi atau  melakukan penguatan.

 

v  Menentukan keputusan yang tepat untuk menyelesaikan masalah

·         Menyeleksi dan menentukan  solusi dengan baik.

·         Solusi perubahan dan harus dimulai dengan benar.

·         Mengimplementasikan, menindaklanjuti dan melakukan standarisasi.

Hari Kedua :

Creative Thinking, Problem solving and decision making process

v  Creative Thinking

Setiap orang memiliki sisi kreatif didalam dirinya, bagaimana memaksimalkan kedalam proses menganalisa, pemyelesaian permasalah

Dan pengambilan keputusan dengan baik dan benar.

 
v  Metode – metode dalam Problem solving and decision making

Beberapa metode dalam mencari dan menganalisa permasalahan yang digunakan sebagai pengambil keputusan.

 
v  Hal – hal penting dalam menimbulkan permasalahan

Setiap permasalahan timbul terdapat beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut muncul, tetapi ada hal terbesar dan terpenting dalam mengantisipasi timbulnya permasalahan dan pengambilan keputusan, yaitu komunikasi.

 
v  Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Membangun pola komunikasi yang efektif sehingga tercipta pola kerja yang terstruktur sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Mengurangi ketidak akuratan komunikasi yang  menyebabkan munculnya ketidakefektifan bahkan meruncing menjadi permasalahan.

 
v  Pendelegasian  

Sebagai seorang Leader / pimpinan unit kerja, tidak semua permasalhan yang muncul harus diselesaikan secara langsung, tetapi juga dapat diselesaikan oleh tim anda, sehingga tidak hanya meringankan tugas seorang leader, tetapi ini juga berpengaruh terhadap kemampuan penyelesaian dan pengambilan keputusan oleh anggota tim.

 

 

 

 

Untuk topic lainnya dan In house Training, silahkan sampaikan kebutuhan dan request anda dengan cara :

>> [[ Klik Disini Untuk Request Inhouse ]] <<

improve the quality of human resources by Inhouse training, scale UP your Business !

Call Us :

Elizia (Ms)

0821 2256 4094 / 021- 57932035

elizia@marksharetraining.co.id / laurenciaelizia@gmail.com

www.marksharetraining.co.id

 

                                                                                                    click here for unsubscribed

 

  

 

NO

TANGGAL

JUDUL TRAINING

LOKASI

1

12 – 13 April

Tax Management

Jakarta

2

3-Apr

Powerpoint Do More

jakarta

3

4 - 5 April

Constructing Business Plan & Feasibility Study

Jakarta

4

5 - 6 April

Successfully Managing People " An Essential Leadership & Managerial Skills"

Bali

5

5 - 6 April

Mastering Ms. Excel 2007/2010/2013 For Office data Processing System

Jakarta

6

5 – 6 April

Workload Analysis Implementation with EXCEL 2007 FOR HR & NON HR

Jakarta

7

9 - 10 April

Business Etiket & Protokoler

Jakarta

8

9 – 10 April

The 7 Steps Selling Steps for Sales People

Jakarta

9

9 - 10 April

Advanced Service Excellence

Jakarta

10

9 - 10 April

Risk Based Internal Auditing

Jakarta

11

11 - 12 April

Powerfull Database Analysis & Dashboard Reporting with ms. Excel 2007 / 2010

Jakarta

12

11 – 12 April

Budget Modelling Using MS. EXCELL

Jakarta

13

11 – 12 April

Discipline, Motivating & Developing People

Jakarta

14

11 - 12 April

Financial Statement Analysis ( FSA )

Jakarta

15

11 - 12 April

Best Practice Warehouse Management

jakarta

16

12 - 13 April

Procurement negotiation & Contracting Strategy

Bandung

17

12 - 13 April

Ecellent Automation Data Processing With Macro & Visual Basic Application Excel 2007/2010/2013/2015

Bandung

18

16 - 17 April

Increasing Employee Engagement

Jakarta

19

16 - 17 April

Payroll Management System With Ms. Excel

Surabaya

20

16 – 17 April

Effective Time & Activity Management

Jakarta

21

16 – 17 April

Basic Relationship Management for Leaders

Jakarta

22

16 – 17 April

Negotiation Skill for Purchasing

Jakarta

23

16 - 17 April

General Affairs Management Development Program

Jakarta

24

17 - 18 April

Persiapan Masa Pensiun

Jakarta

25

18 – 19 April

Insight Selling

Jakarta

26

19 - 20 April

New Product Development

Bandung

27

19 - 20 April

Public Speaking & Presentation Skills

Jakarta

28

19 - 20 April

Enterprise Risk Management

Jakarta

29

19 - 20 April

Successfully Managing People " An Essential Leadership & Managerial Skills"

Jakarta

30

23 - 24 April

Good Corporate Governance ( GCG ) Implementation

Jakarta

31

23 - 24 April

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Jakarta

32

23 - 24 April

Leadership For Sales ; Lead Well Sell Better

jakarta

33

23 – 24 April

Strategic Vendor Management

Jakarta

34

9 - 10 April

Electronic Filing System Implementation Based On Document Regulation And Rms – Efs Method With Excel 2007/2010/2013/2015/2016

jakarta

35

24 - 25 April

Corporate Journalism ; How to Treat Corporate Website, Magazine & Media Handling

Jakarta

36

24 - 25 April

Career & Talent Management

Jakarta

37

24 - 25 April

Technical Report Writing

Jakarta

38

25 – 26 April

Train to The Trainer

Jakarta

39

25 – 26 April

Ice Breaking for PR & Presenter

Jakarta

40

26 - 27 April

Problem Solving & Decision Making

Jakarta

41

26 - 27 April

Contract & Tender in Procurement

Jakarta

42

26 – 27 April

Advanced Selling Skill for Maximum Profit

Jakarta

43

26 – 27 April

Effective Supervisory Skill

Jakarta

44

26 - 27 April

Creative Cashflow & Treasury Management

Jakarta

45

26 - 27 April

Project Management Using Ms. Project Application

Jakarta

46

26 - 27 April

Comprehensive Industrial Relation

Jakarta

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar