Jumat, 23 Mei 2014

IMPLEMENTATION OF PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

Kepada Yth,

Bapak/Ibu

Ditempat

 

Berikut ini kami informasikan program training kami, yaitu :

  

MARKSHARE Training

Call Us : 021 5793-2035

0858 9026 0140

  Hadiri dan ikuti :

2 Day Training Program

IMPLEMENTATION OF PAYROLL ADMINISTRATION SYSTEM

WITH EXCEL 2010 AND VISUAL BASIC APPLICATION

24 - 25 Juni 2014, Hotel Menara Peninsula

A. BACKGROUND

Tingginya ketergantungan pada penggunaan software payroll dalam kegiatan administrasi penggajian sehari-hari di kalangan karyawan menyebabkan mereka lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana formulasi sesungguhnya yang terjadi pada proses tersebut  untuk mendapatkan nilai nominal upah lembur berdasarkan data absensi lembur, baik untuk lembur hari kerja, lembur hari libur dan lembur hari libur besar. Begitu pula banyak pengguna software payroll yang juga belum memahami perhitungan pajak penghasilan pasal 21 untuk karyawan tetap dengan gaji bulanan yang berhubungan dengan struktur skala gaji (Matrix Salary), serta ditambah dengan perhitungan Jamsostek.

Apabila terjadi kerusakan pada system payroll, akhirnya karyawan tersebut tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaannya. Kenapa ? karena karyawan tersebut hanya mempunyai keterampilan sebatas entry data dan mencetak laporan gaji atau slip gaji saja. Seharusnya karyawan tersebut dapat menggunakan data hasil backup dari aplikasi payroll yang dapat berupa file Excel 2010.

Pelatihan ini akan menjelaskan dan mencontohkan langkah demi langkah bagaimana menerapkan proses pengolahan data menggunakan formulasi dan metode yang tepat untuk setiap permasalahan yang telah disebutkan di atas dengan menggunakan kecanggihan Excel 2010. Jadi di sini peserta training tidak lagi hanya menjadi “jago entry data” atau “jago cetak slip gaji” saja, tapi juga memahami bagaimana proses menghasilkan informasi data seperti itu.

B.OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

1.      Memahami pengertian kompensasi.

2.      Memahami metode dan system kompensasi.

3.      Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah.

4.      Mengetahui pedoman penetapan tingkat upah.

5.      Memahami penggunaan struktur skala gaji (Matrix Salary).

6.      Memahami komponen gaji (upah), tunjangan dan iuran wajib.

7.      Melakukan proses import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010.

8.      Melakukan proses pembentukan sheet data master karyawan dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

9.      Melakukan proses pembentukan sheet data absensi kerja harian dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

10.  Melakukan proses pembentukan sheet data absensi lembur kerja dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

11.  Melakukan proses perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary dengan formulasi Excel 2010.

12.  Melakukan proses perhitungan tunjangan makan dan tunjangan transport berdasarkan penggunaan link data absensi kerja harian dan lembur dengan formulasi Excel 2010.

13.  Melakukan proses perhitungan pemotongan dana Jamsostek.

14.  Melakukan proses perhitungan tunjangan upah lembur berdasarkan penggunaan link data absensi lembur kerja dengan formulasi Excel 2010.

15.  Melakukan proses perhitungan total PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak) setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun dengan formulasi Excel 2010.

16.  Melakukan proses perhitungan total PKP (Pendapatan Kena Pajak) setahun berdasarkan formulasi Excel 2010.

17.  Melakukan proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan penggunaan link data table Lapisan Kena Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010.

18.  Membuat rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010.

19.  Membuat slip detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010.

20.  Menyisipkan file macro pada Excel 2010 options Add-Ins yang akan digunakan untuk mencetak kalimat nominal gaji terbilang pada formulir pencetakan slip gaji setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010.

21.  Membuat formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah (Lembur, Jabatan, Suami/Istri, Anak/Keluarga, Makan, Transportasi, Asuransi, dll),  komponen-komponen pengurang (Iuran Asuransi, Jamsostek, PPh Pasal 21, dll) ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro dengan formulasi Excel 2010.

C.  SYLLABUS

1.      Pengertian kompensasi.

2.      Metode kompensasi

3.      System kompensasi.

4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah.

5.      Pedoman penetapan tingkat upah.

6.      Penggunaan struktur skala gaji.

7.      Komponen gaji (upah)

8.      Tunjangan-tunjangan

9.      Iuran wajib.

10.  Import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010.

11.  Pembentukan sheet data master karyawan dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

12.  Pembentukan sheet data absensi kerja harian dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

13.  Pembentukan sheet data absensi lembur kerja dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010.

14.  Perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary.

15.  Perhitungan tunjangan makan dan tunjangan transport berdasarkan penggunaan data absensi kerja harian.

16.  Perhitungan tunjangan upah lembur berdasarkan penggunaan data absensi lembur kerja.

17.  Perhitungan pemotongan dana Jamsostek.

18.  Proses perhitungan total PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak) setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun.

19.  Proses perhitungan total PKP (Pendapatan Kena Pajak) setahun.

20.  Proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan penggunaan link data table Lapisan Kena Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010.

21.  Rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010.

22.  Slip pencetakan detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan.

23.  Add Ins file macro pada Excel 2010 options.

24.  Formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah, pengurang ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro.

D. AUDIENCE TARGET

        Staff atau Leader yang berkepentingan terhadap proses pembuatan Payroll Administration System dari kalangan non IT yang sudah familiar menggunakan Excel 2010.

E.  DURATION :

2 Hari  08.30 s/d 16.30 WIB

F. TRAINING METHOD : Terangkan Tunjukkan Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya.

Trainer Profile

ERAWAN SUPRIYATNA

 

Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1991 – sekarang, antara lain  di Institute Secretary Management & Computer (ISMC Wijaya Kesuma), LPTKI, LPKIA, IKAI, LP3I, PT. Asia Furniture & Craft, PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training dan Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting.

Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting. Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan sebagai berikut :

Implementation Workload Analysis with Excel 2010 & VBA, General Affair Officer with Data Processing and Data Control, Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2010, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2010 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2010, RDBMS Application Development with Access 2010, Control Object for IT (COBIT v.4.1), dan lain-lain.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

=================== End of Outline ===================

 

                   

                                            Get Efficient Package For Inhouse Training !
Untuk permintaan inhouse training dalam topic diatas ataupun topic lainnya, silahkan hubungi kami.

Training Fee :

Rp. 3.750.000,- (Full Fare)

 Informasi & Registrasi  & SPECIAL PRICE :

MARKSHARE Training

021 5793-2035

sari@marksharetraining.co.id

www.marksharetraining.co.id

 

 

Jadwal Training Running : Mei – Juni 2014

No

Tanggal Pelaksanaan

Topik Training

Fasilitator

 

03 – 04 Juni 2014

Best Practice Supply Chain Management

Deni Danasenjaya, SE. MM.

 

12 – 13 Juni 2014

Strategic Public Relation In Changing Era

Syafiq Basri Assegaff

 

12 – 13 Juni 2014

Powerfull Database Analysis & Dashboard reporting Using Excel

Erawan Supriyatna, S.Kom

 

16 – 17 Juni 2014

Extraordinary Journalism For Corporate Website

P. Hasudungan Sirait

 

18 – 19 Juni 2014

Human Resource Management

Drs. Elyus Lanin, Msi.

18 – 19 Juni 2014

Finance for Non Finance Executive

Drs. Jaka Wasana,SE

 

19 Juni 2014

Balance Score Card Step by Step

Ady Subagya

 

19 – 20 Juni 2014

Establishing SOP with KPI

Eko Supriyatna

19 – 20 Juni 2014

Handling Complain & Difficult Customer ( Bandung )

Antonius karya

 

23 - 24 Juni 2014

Advanced Selling Skills For Maximun Profit

Antonius Karya

 

20 – 21 Juni 2014

Professional Debt Collection Skills

Natar Adri SE, MM.

20 – 21 Juni 2014

Corporate Journalism

Her Suharyanto

 

23 – 24 Juni 2014

Managing Office, Kaizen 5S, and Filing System

Natar Adri SE, MM.

 

24 – 25 Juni 2014

Comprehension Letter of Credit (LC) Export Import In International Trade

Kurnia Hadi

 

25 - 26 Juni 2014

Refreshment & Development Program For Secretary

Natar Adri

 

25 - 26 Juni 2014

Professional General Affairs

Sih Hartono SE.

30 –1 Juli 2014

Strategic Vendor Management

Deny Danasenjaya,SE,MM,CNPE

 

 

SARI

markshare training

gedung STC Senayan lantai 4 no 1055 - 1056

P : (021) 5793 2035

F : (021) 5793 1773

M : 0858 9026 0140

E : sari@marksharetraining.co.id

        sari@marksharetraining.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar