A. BACKGROUND Tingginya ketergantungan pada penggunaan software payroll dalam kegiatan administrasi penggajian sehari-hari di kalangan karyawan menyebabkan mereka lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana formulasi sesungguhnya yang terjadi pada proses tersebut  untuk mendapatkan nilai nominal upah lembur berdasarkan data absensi lembur, baik untuk lembur hari kerja, lembur hari libur dan lembur hari libur besar. Begitu pula banyak pengguna software payroll yang juga belum memahami perhitungan pajak penghasilan pasal 21 untuk karyawan tetap dengan gaji bulanan yang berhubungan dengan struktur skala gaji (Matrix Salary), serta ditambah dengan perhitungan Jamsostek. Apabila terjadi kerusakan pada system payroll, akhirnya karyawan tersebut tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaannya. Kenapa ? karena karyawan tersebut hanya mempunyai keterampilan sebatas entry data dan mencetak laporan gaji atau slip gaji saja. Seharusnya karyawan tersebut dapat menggunakan data hasil backup dari aplikasi payroll yang dapat berupa file Excel 2010. Pelatihan ini akan menjelaskan dan mencontohkan langkah demi langkah bagaimana menerapkan proses pengolahan data menggunakan formulasi dan metode yang tepat untuk setiap permasalahan yang telah disebutkan di atas dengan menggunakan kecanggihan Excel 2010. Jadi di sini peserta training tidak lagi hanya menjadi “jago entry data†atau “jago cetak slip gaji†saja, tapi juga memahami bagaimana proses menghasilkan informasi data seperti itu. B.OBJECTIVES Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk : 1. Memahami pengertian kompensasi. 2. Memahami metode dan system kompensasi. 3. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah. 4. Mengetahui pedoman penetapan tingkat upah. 5. Memahami penggunaan struktur skala gaji (Matrix Salary). 6. Memahami komponen gaji (upah), tunjangan dan iuran wajib. 7. Melakukan proses import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010. 8. Melakukan proses pembentukan sheet data master karyawan dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 9. Melakukan proses pembentukan sheet data absensi kerja harian dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 10. Melakukan proses pembentukan sheet data absensi lembur kerja dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 11. Melakukan proses perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary dengan formulasi Excel 2010. 12. Melakukan proses perhitungan tunjangan makan dan tunjangan transport berdasarkan penggunaan link data absensi kerja harian dan lembur dengan formulasi Excel 2010. 13. Melakukan proses perhitungan pemotongan dana Jamsostek. 14. Melakukan proses perhitungan tunjangan upah lembur berdasarkan penggunaan link data absensi lembur kerja dengan formulasi Excel 2010. 15. Melakukan proses perhitungan total PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak) setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun dengan formulasi Excel 2010. 16. Melakukan proses perhitungan total PKP (Pendapatan Kena Pajak) setahun berdasarkan formulasi Excel 2010. 17. Melakukan proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan penggunaan link data table Lapisan Kena Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010. 18. Membuat rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010. 19. Membuat slip detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010. 20. Menyisipkan file macro pada Excel 2010 options Add-Ins yang akan digunakan untuk mencetak kalimat nominal gaji terbilang pada formulir pencetakan slip gaji setiap karyawan dengan formulasi Excel 2010. 21. Membuat formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah (Lembur, Jabatan, Suami/Istri, Anak/Keluarga, Makan, Transportasi, Asuransi, dll),  komponen-komponen pengurang (Iuran Asuransi, Jamsostek, PPh Pasal 21, dll) ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro dengan formulasi Excel 2010. C. SYLLABUS 1. Pengertian kompensasi. 2. Metode kompensasi 3. System kompensasi. 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan upah. 5. Pedoman penetapan tingkat upah. 6. Penggunaan struktur skala gaji. 7. Komponen gaji (upah) 8. Tunjangan-tunjangan 9. Iuran wajib. 10. Import database backup payroll ke dalam sheet Excel 2010. 11. Pembentukan sheet data master karyawan dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 12. Pembentukan sheet data absensi kerja harian dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 13. Pembentukan sheet data absensi lembur kerja dengan menggunakan fitur baru dari Excel 2010. 14. Perhitungan gaji pokok berdasarkan penggunaan link data matrix salary. 15. Perhitungan tunjangan makan dan tunjangan transport berdasarkan penggunaan data absensi kerja harian. 16. Perhitungan tunjangan upah lembur berdasarkan penggunaan data absensi lembur kerja. 17. Perhitungan pemotongan dana Jamsostek. 18. Proses perhitungan total PTKP (Pendapatan Tidak Kena Pajak) setahun berdasarkan penggunaan link data kunci status marital wajib pajak pada table PTKP setahun. 19. Proses perhitungan total PKP (Pendapatan Kena Pajak) setahun. 20. Proses perhitungan pajak penghasilan (Pph Pasal 21) setahun untuk karyawan tetap berdasarkan penggunaan link data table Lapisan Kena Pajak (terendah s/d tertinggi) & Tarif Persentasi Pajaknya dengan formulasi Excel 2010. 21. Rekapitulasi gaji dengan formulasi Excel 2010. 22. Slip pencetakan detail perhitungan PPh Pasal 21 untuk setiap karyawan. 23. Add Ins file macro pada Excel 2010 options. 24. Formulir pencetakan slip gaji lengkap dengan komponen-komponen penambah, pengurang ditambah cetak nominal terbilang menggunakan file macro. D. AUDIENCE TARGET Staff atau Leader yang berkepentingan terhadap proses pembuatan Payroll Administration System dari kalangan non IT yang sudah familiar menggunakan Excel 2010. E. DURATION : 2 Hari 08.30 s/d 16.30 WIB F. TRAINING METHOD : Terangkan Tunjukkan Lakukan Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya. Trainer Profile ERAWAN SUPRIYATNA Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta di Jakarta, mulai tahun 1991 – sekarang, antara lain di Institute Secretary Management & Computer (ISMC Wijaya Kesuma), LPTKI, LPKIA, IKAI, LP3I, PT. Asia Furniture & Craft, PT. Asiana IMI Industries, Tbk., PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), PT. COMBIPHAR, di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company). Pernah menjabat sebagai Manager Training dan Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting. Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan sebagai berikut : Implementation Workload Analysis with Excel 2010 & VBA, General Affair Officer with Data Processing and Data Control, Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2010, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2010 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2010, RDBMS Application Development with Access 2010, Control Object for IT (COBIT v.4.1), dan lain-lain. Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping dan NLP di bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah, pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan. =================== End of Outline =================== |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar