Selasa, 06 Mei 2014

Training Running : 1. Technical Report Writing 2. Credit Analysis

INFORMASI TRAINING RUNNING:

 

MARKSHARE Training

Call Us : 021 5793-2035

 

Hadiri dan ikuti :

2 Day Training Program

 

“TECHNICAL REPORT WRITING”

Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif   
13 – 14 Mei 2014
 

OUTLINE PELATIHAN

Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif

·         Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.

·         Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.

·         Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.

·         STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.

·         LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan

 

Sesi 2 : Sharing & Studi Kasus

·         Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.

·         STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining

 

Sesi 3 : Menampilkan Kesan yang Tepat

·         Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.

·         Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.

• Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.

• STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya.

• LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.

 

Sesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami

• Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.

• Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT.

• Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.

• Membatasi penggunaan jargon.

• STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.

• STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.

• LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.

 

Sesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung

• Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.

• Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.

• Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).

• LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.

• LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.

 

Sesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan

• Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.

• Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.

• Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.

• STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.

• LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan

 

Sesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi

• Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.

• Membahas penggunaan alat bantu (xmind).

• SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).

• SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.
 
 
“CREDIT ANALYSIS FOR UMKM CUSTOMERS 
  
13 – 14 Mei 2014
 

Pelatihan Comprehensive Credit Analysis for UMKM Customers merupakan program pelatihan yang terpadu, sistematis, dan praktis sehingga mudah dimengerti dan dipraktekkan dalam menganalisa proposal kredit calon debitur atau debitur Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

 

Program pelatihan ini selain membahas teori juga akan banyak mengupas kasus-kasus kredit UKM yang ada sekarang ini. Sehingga diharapkan para peserta training mendapatkan pengalaman baru. Dengan memiliki skill analisa kredit yang tajam maka pemberian kredit kepada debitur dalam terjamin pengembaliannya serta target kredit dapat dicapai tanpa mengurangi tingkat kualitas dari kredit yang diberikan.

 

OUTLINE PELATIHAN

Hari Pertama:

 -   09.00 – 09.45      Knowledge Check (latihan soal pra-training)

  -   09.45 – 10.15      Aspek - aspek dalam Analisa Kredit (6C)

Bahasan : aspek kualitatif dan aspek kuantitatif yang berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit. Termasuk kondisi krisis keuangan USA dan Eropa yang mungkin terimbas pada usaha calon debitur baik langsung maupun tidak langsung

 -   10.15 – 10.30      Coffee break

 -   10.30 – 12.00      Aspek - aspek dalam Analisa Kredit (6C) lanjutan

 -   12.00 – 13.00      Lunch

 -   13.00 – 15.00     Langkah-langkah dalam Analisa Kredit

                             Bahasan : teknik sederhana, cepat, tapi efektif dalam menganalisa permohonan kredit calon debitur atau debitur

 -   15.00 – 15.15      Coffee break     

 -  15.15 – 16.00      Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dan Pemahaman Laporan Keuangan (Neraca, Laba Rugi, Cash Flow)

Bahasan : teknik penyusunan laporan keuangan calon debitur dengan memperhatikan omzet penjualan, cash flow, dan struktur permodalan calon debitur atau debitur

 -   16.00 – 17.00      Tugas Kelompok

 

Hari Kedua:

 -   09.00 – 10.15      Pembahasan tugas kelompok (presentasi masing-masing kelompok)

 -   10.15 – 10.30      Coffee break

 -   10.30 – 12.00      Rasio Keuangan dalam Analisa Kredit

Bahasan : rasio-rasio keuangan sederhana yang dapat membantu dalam memutuskan permohonan kredit

 -   12.00 – 13.00      Lunch

 -   13.00 – 14.15      Analisa Trends Laporan Keuangan

Bahasan : teknik membuat dan menganalisa proyeksi laporan keuangan dengan mempertimbangkan berbagai macam hal yang dapat berdampak terhadap kelangsungan usaha calon debitur atau debitur

 -   14.15 – 14.30      Coffee break

 -   14.30 – 16.30      Case Study dan Presentasi Kelompok

Get Efficient Package For Inhouse Training !

 

Untuk permintaan inhouse training dalam topic diatas ataupun topic lainnya, silahkan hubungi kami.

Dibawah ini adalah klien kami dalam pelaksanaan training yang tidak jarang mengulangi permintaan kebutuhan trainingnya kepada kami :

 

PT Hino Motor Sales Indonesia, PT Indonesia Power, PT Bale Lelang Mandiri, Bank Ekonomi Jasa Raharja, PT Dharma Group, Bisnis Indonesia, PT Schneider Electric Indonesia, PT Jarosite (Ripcurl Indonesia), PT Adhya Tirta Batam, PT H. Selindo Alpha, PT Indo CISC, Asuransi Jiwa Bumiputera, PT Karmacon, PT Gramedia Asri Media, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT Commonwealth Bank, Bank BRI, PT JVC Electronics Indonesia, PT Samsung Electronics Indonesia, Institut Teknologi Nasional, PT Telkom, PT Toray Politech, PT Azet Surya Lestari, Bank Muamalat Indonesia, Honda R & D Southeast Asia Co, Ltd., PT Repex Perdana International, BPR Danasari Persada, PT Indolakto (Indomilk),PT Krakatau Tirta Industri, BTMU BRI Finance, PT Bank Mega Syariah, PT Yutaka Mgf Indonesia, PT Tradisa Mulia, PT Andalas, PT Mars Indonusa, PT Berlian Sistem Informasi, PT Musashi Auto Parts, PT Astra Honda Motor, PT Toyota Astra, PT Hoffmen Cleanindo, Akademi Bina Insani, PT Vila Ombak, PT Asuransi Central Asia, PT Equine Global, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., PT Pan Maritime Wira Pawitra, Erasmus Taal Centrum, PT Dasindo Media, PT Mandom Indonesia, Asuransi Takaful, PT Asuransi Bintang, PT Asuransi Tokio Marine, PT Mutuagung Lestari, PT Strategic Partner Solution, PT Tradisa Mulia, PT Total E & P Indonesia, PT Indosat, PT Marketama Indah, PT Andalan Agro Makmur, PT Hotel Panghegar, Sitasa Group, PT Sucofindo (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Negara Indonesia, PT Behn Meyer Chemical, PT Bosch Rexroth, PT Permodalan Nasional Madani, PT Pembabngunan Jaya Ancol, PT Amway Indonesia, PT Berkat Manunggal Jaya, PT Tirta Investama, PT Circleka Indonesia Utama, Atreus Global, PT EOS Konsulting, PT Bambang Djaja, PT Global Mega Indonesia, PT ASEI (Persero), Lippo Malls Indonesia, Permata Bank, PT Matahari Sakti, PT AAPC Indonesia, PT Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, PT International Service Pacific Cross, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), PT Santos Jaya Abadi, PT Sumber Aneka Karya Abadi, PT AIS St. Helens Indonesia, PT Agung Sedayu Group, PT Mitra Karya Usaha Sejahtera, PT Media Nusantara Press, PT Adhi Cakra Mulia, KOPKAR JICT, PT PP (Persero), PT Bayu Buana Gemilang, Unitech Mitranusa, PT Tripatra Engineers & Constructor, PT Sinar Alum Sarana, PT Sayap Mas Utama, PT Ide Komunitas Indonesia, PT Patra Jasa, PT Truba Alam Manunggal, PT Eka Boga Inti, PT Bersaudara Inti Corpora, PT Telkomsel, MNC TV, Trans 7, PT Faber Castell International Indonesia, PT Berlian System Informasi, PT Pro Sistimatika Automasi, PT Sepakat Sentosa Maju, PT TRavira Air, PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Kideco Jaya Agung, PT Asuransi Adira Dinamika, PT Nufarm Indonesia, PT Mandala Finance, PT Lintas Artha, PT Adam Khoo Learning Technologies Group, Puskopdit Khatulistiwa, PT Holcim Indonesia, PT Hyundai Mobil Indonesia, PT Kangaroo Ausindo, PT Perusahaan Pelayaran Equinox, PT Ekanuri Indra Pratama, PT ABC President Indonesia, PT Soho Global Heath, PT Darya Varia, PT Midi Utama Indonesia, PT Premiere Oil, PT Lafarge Cement Indonesia, PT Radian Sentral Nutrindo, Dan masih banyak lagi ..

 

markshare training

Pendaftaran :
Sdri. Eby (ms.)
Telp : (021) 5793 2035, 0856 1044 530
Fax : (021) 5793 1773

Email :

eby@marksharetraining.co. id

marksharetraining@yahoo. co.id

www.marksharetraining.co.id

 

 

Jadwal Training Running : Mei 2014

No

Tanggal Pelaksanaan

Topik Training

1

05 – 06 Mei 2014

Accurate Inventory Planning and Stock Control

2

08 – 09 Mei 2014

How to Managing People Effectively (Fundamental Leadership)

3

13 – 14 Mei 2014

Comprehensive Credit Analysis for UMKM Customers

4

13 – 14 Mei 2014

Technical Report Writing

5

13 – 14 Mei 2014

Internal Tax Review dan Pembuatan SPT Tahunan PPH Badan tahun 2013

6

19 – 20 Mei 2014

Payroll Management System

7

20 – 21 Mei 2014

Managing Partnership Development

8

20 – 21 Mei 2014

Supply Chain and Distribution

9

20 – 21 Mei 2014

Goal Your Setting with Smart KPI

10

20 – 21 Mei 2014

Effective Negotiation & Lobbying Skills

11

21 – 22 Mei 2014

Handling Complain and Difficult Customer

12

21 – 22 Mei 2014

Pemahaman Letter of Credit (LC) dan Impor Dalam Perdagangan Internasional

13

21 – 22 Mei 2014

Corporate Journalism

14

22 Mei 2014

Hypnotical Presentation

15

22 – 23 Mei 2014

Strategic Procurement Management

16

30 Mei 2014

Magical Presentation with Powerpoint

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar